Ciye… Ciye… Kantor Perpustakaan dan Arsip bakal Jadi Dinas

by -1 views

CIBINONG – Perpustakaan dan Arsip (KPA) Kabupaten Bogor pada 2017 mendatang segera menjadi Dinas Arsip. Hal itu sesuai UU Nomor 23 Tahun 2014, PP Nomor 18 Tahun 2016 dan Peraturan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri).

Kepala Seksi (Kasi) Pengelolaan Pe­lestarian Arsip Raden H menuturkan, pengalihan kantor menjadi dinas merupakan penilaian skor kerja Tim Verifikasi Kemendagri saat rapat kerja di Bandung, Jawa Barat. “Alhamdulillah tidak ada masalah dan dasar kerja ini sesuai dengan pengelola tata kearsipan berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2016,” tuturnya ke­pada Metropolitan, kemarin.

Sementara itu, Kasubbag Tata Usaha Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabu­paten Bogor Yupi Yusuf mengaku ber­syukur atas informasi tersebut. “Setidaknya kami tidak lagi dipandang sebelah mata. Pemerintah harus memperhatikan KPA dengan menjadikan kantor ini menjadi dinas,” ungkapnya. Bahkan, lanjut dia, Dinas Arsip memiliki kriteria Tipe A di Kabupaten Bogor. “Saat ini tinggal menunggu perda yang akan diterbitkan dan sudah mendapat du­kungan penuh bupati Bogor,” ujarnya.

Yupi juga berharap Dinas Arsip mendatang dapat bermanfaat bagi masyarakat luas dan SKPD lainnya. Sebab, depo arsip saat ini yang me­miliki luas 1.000 meter telah men­jadi tempat penyimpanan berkas sebanyak 22.000 boks dengan kurun waktu 15 tahun, bahkan hingga waktu yang tidak ditentukan. “Ada arsip yang tersimpan sejak 1962 silam dan masih tersimpan hingga saat ini,” imbuhnya.

(yos/b/sal/py)