DISTANHUT TINGKATKAN KUALITAS PETANI KOPI

by -2 views

CIBINONG – Dinas Pertanian dan Kehutanan (Distanhut) Kabupaten Bo­gor telah mengadakan bimbingan teknis budidaya kopi yang diikuti 40 peserta dari kelompok tani Kabupaten Bogor di Balai Besar Pelatihan Perta­nian (BPPP) Lembang, beberapa wak­tu lalu.

Kadistanhut Siti Nurianty mengatakan, potensi usaha tani komoditas kopi di Kabupaten Bogor cukup tinggi. Namun, pengetahuan dan kemampuan petani tentang budidaya kopi masih rendah yang menyebabkan kualitas dan ku­antitas produksi kopi masih rendah. “Saya harap ketika mereka mengikuti ini mereka bisa meninggalkan kebia­saan lama, yakni mengolah secara tra­disional,” ujarnya.

Sesuai Peraturan Menteri Pertanian Nomor 49 Tahun 2014, lanjut dia, pi­haknya harus memenuhi kebutuhan bahan baku industri dalam negeri, men­ciptakan lapangan kerja di pedesaan serta meningkatkan pendapatan pe­tani kopi. Sehingga dapat menambah luas areal tanaman kopi rakyat berkua­litas. “Dengan kualitas sumber daya ma­nusia yang telah bertambah, kami harap kopi Indonesia bisa makin dikenal di luar negeri,” harapnya.

(del/a/sal/py)

Loading...