PRESIDEN JOKOWI INSTRUKSIKAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER

by -

Metropolitan.id  – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan harapan pemerintah agar pendidikan karakter betul-betul diterapkan di dalam kuri­kulum, baik dalam bentuk ekstraku­rikuler atau di dalam kurikulumnya (kokurikuler).

Ia mengatakan, konsep full day school sedang disiapkan Kementerian Pen­didikan dan Kebudayaan (Kemendik­bud) dan akan dilakukan uji coba untuk sekolah-sekolah yang dianggap sudah siap. ”Jadi kenapa full day school itu dilakukan? Karena kita ingin pen­didikan etika, pendidikan budi pe­kerti, sopan santun, karakter kerja keras dan karakter optimis itu ada di anak-anak kita. Itu penting sekali,” kata Jokowi, belum lama ini.

Program full day school itu, lanjut Jokowi, terutama ditujukan untuk jen­dang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD dan TK) dan pendidikan dasar (SD dan SMP). Saat ini teknis pelaksanaan full day school masih dimatangkan di Ke­mendikbud.

Presiden mengatakan, ia telah meng­instruksikan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhad­jir Effendy agar pendidikan etika, budi pekerti dan sopan santun diberikan porsi lebih dalam kurikulum pendidikan di SD dan SMP.

(*/ram/wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *