“Walau Sudah Tua, Saya Harus Tetap Belajar”

by -3 views

BOGOR – Rupanya, belajar dan berka­rya untuk meningkatkan penghasilan keluarga tak mengenal usia. Itulah kata dan semangat yang terpancar dari Mar­tinah (75) warga Kecamatan Bogor Barat. Berbekal menjadi Warga Belajar (Warbel) Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) ‘Tunas Mekar’ Kecamatan Bogor Barat, ia pun menjadi peserta pelatihan keteram­pilan Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM) yang dilaksanakan Bidang Pendidikan Non Formal dan Informal (PNFI) di Aula Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor.

Martinah mengatakan, selain menambah wawasan dan pengetahuan, juga untuk meningkatkan pendapatan dan pengha­silan keluarga. “Bagi saya sendiri tidak ada yang susah kalau kita mau belajar dan belajar. Bahkan akan menambah usia,” katanya yang didampingi salah seorang tutor, Hj. Heti kepada Metropolitan, ke­marin.

Jadi, menurut nenek yang belum berka­camata ini, pendidikan KUM sangat bermanfaat. Karena pendidikan nonformal seperti itu dapat memberi keterampilan hidup bagi dirinya yang pada awalnya belum memiliki keterampilan untuk men­cari nafkah, khususnya dalam kehidupan sehari-hari. “Mudah-mudahan seusai mengikuti kegiatan ini dapat bermanfaat bagi diri saya dan teman-teman,” pung­kas Martinah.

Sementara itu, salah seorang narasum­ber kegiatan, Hj Heti mengatakan, jumlah Warbel KUM di Kota Bogor sekitar 1.710 orang dan yang mengikuti kegiatan pe­latihan tata cara menghias kerudung ini hanya seratus orang dari 15 PKBM.

Ditambahkan, KUM merupakan instrumen yang tepat untuk mengentaskan kemisk­inan. Sebab, penerapan KUM secara utuh akan mampu menciptakan wirau­sahawan baru, mencetak warga belajar yang tangguh dan mandiri. Sehingga dapat dijadikan media efektif untuk mengen­taskan kemiskinan, baik fungsional mau­pun struktural.

(tur/ar/ram/wan)