Empat Bulan Memimpin, Sabet Penghargaan Nasional

by -

Baru empat bulan memimpin Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Bogor, namun kiprah dan prestasi M Rizal Hidayat tak dapat dipandang sebelah mata. Sebab, di bawah kepemimpinannya, kantor tersebut berhasil menjadi lembaga kearsipan daerah terbaik tingkat nasional. Dengan penghargaan itu, tentunya Rizal bersama jajarannya berhasil mengharumkan nama baik Kabupaten Bogor di kancah nasional.

PUTRA kelahiran Jakarta itu telah ber­kiprah di Bumi Tegar Beriman sejak 1987, sesaat dirinya lulus dari Akademi Pe­merintah Dalam Negeri (APDN) Bandung 1986. Dan, pada tahun itu juga ia langs­ung menapakkan kakinya di wilayah Ba­rat, Kabupaten Bogor, sebagai sekretaris Kecamatan Cigudeg. “Tugas pertama kali saya sebagai PNS di Kabupaten Bo­gor itu pada 1987,” tuturnya.

Sebelum menjadi kepala Kantor Per­pustakaan dan Arsip Daerah, ia mengaku telah melanglang buana di Bumi Tegar Beriman yakni di Kantor Kesbangpol dua tahun enam bulan, lalu di Badan Perizinan Terpadu dua tahun. Sedangkan sisanya dihabiskan di lapangan, yakni 12 tahun. “Sebelum saya bertugas di Pemda Cibi­nong, saya banyak menghabiskan waktu sebagai camat di beberapa wilayah,” jelas suami dari Rosmawati itu.

Sebelumnya, ia pernah menjabat seba­gai camat di Kecamatan Pamijahan, Cijeruk, Cisarua, Cileungsi, Tajurhalang, Bojong­gede, Gunungputri dan Parung. “Iya me­mang saya lebih lama di lapangan dan sudah cukup lama pula berputar–putar di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor,” ujar pria yang terkenal sederhana itu.

Pria berbadan tinggi itu mengatakan, penghargaan tingkat nasional yang telah didapat merupakan prestasi bagi seluruh petugas dan pegawai di Kantor Perpus­takaan dan Arsip Daerah. “Berkat dukungan semua pihak, baik kepala Tata Usaha, kepala seksi hingga office boy, penghar­gaan ini berhasil diraih,” terangnya.

Ayah dua anak itu lalu menceritakan suka duka di kantor tersebut. Artinya, kalaupun ada kekurangan wajar. Sebab, tidak ada yang sempurna. “Kami berharap kantor yang akan menjadi Dinas Arsip dan Per­pustakaan Daerah pada 2017 mendatang, baik sumber daya manusia, kelembagaan struktur, keuangan lebih mencukupi dan lebih baik lagi,” tandasnya.

(yos/b/sal/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *