HONDA CBR1000RR, RINGAN DAN SPORTY

by -

METROPOLITAN – Honda akhirnya resmi meluncurkan seri CBR1000RR di ajang Intermot di Cologne, Jerman. Sosok superbike ini sempat dibocorkan melalui beberapa video teaser dalam beberapa waktu terakhir. Seperti dikutip Cycleworld, pabrikan berlogo sayap mengepak itu merombak besar-besa­ran CBR1000RR SP. Embel-embel ’SP’ tersebut merupakan singkatan dari Sport Production yang mengindikasikan CBR1000RR lebih ringan, lebih cepat serta disokong teknologi lebih canggih dari versi sebelumnya.Honda juga membangun CBR1000RR SP dengan platform ringan, di mana terdapat perbaikan pada konsentrasi bobot. Alhasil, berat basah superbike ini 195 kilogram atau menyusut 15 ki­logram secara keseluruhan. Selain itu, struktur sasis jadi lebih kaku yang men­dongkrak stabilitas saat menikung. Adapun dapur pacunya mengalami peningkatan kompresi dari awalnya 12,3:1 kini 13,0:1 dengan ring piston memakai teknologi Diamond Like Car­bon (DLC). Lebih lanjut pabrikan asal Jepang ini juga menaikkan limiter pu­taran mesin dari 12.500 rpm menjadi 13.000 rpm.Tak luput, CBR1000RR SP juga menga­dopsi fitur Honda Selectable Torque Con­trol (HSTC) dari RC213V-S versi jalanan tunggangan Dani Pedrosa di MotoGP. Kontrol traksi ini terdiri dari sembilan ting­katan, termasuk di dalamnya mencakup kontrol wheelie dan fungsi menghindari slip di roda belakang.

(lip/feb/py)

Loading...