PASCALONGSOR, TURAP SDN CILENDEK 4 KAPAN DIPERBAIKI?

by -7 views

METROPOLITAN – Pascalongsor yang terjadi di bantaran Kali Cisadane, tepatnya di belakang Gedung SDN Cilendek 4, Jalan Cendana, Gang Kelor, RT 03/04, Kelurahan Cilendek Barat, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, belum juga diperbaiki dan ter­kesan dibiarkan. Padahal, kejadian longsor tersebut sudah hampir satu tahun. Namun, hingga kini belum ada tindakan lebih lanjut dari Dinas Bina Marga dan Badan Pengawasan Pembangunan dan Permukiman (Was­bangkim) Kota Bogor.

Melihat seperti itu, tentu akan mengan­cam keselamatan para siswa SDN Cilendek 4 Bogor. Apalagi, saat ini tengah musim hujan dan cuaca ekst­rem yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi musibah yang tak diinginkan. Saat ditemui, Kepala SDN Cilendek 4 Bogor Ahmad Askolani membenarkan bahwa pas­calongsor yang terjadi di belakang sekolahnya itu belum ada perha­tian dari di­nas terkait.

Padahal, saat kejadi­an, para apa­ratur wilayah (lurah dan camat Bogor Barat, red) serta dinas terkait datang untuk memantau dan mengecek langsung longsoran yang terjadi di sekolahnya. Bukan hanya itu, seko­lahnya juga sudah diajukan melalui Sarasehan Rencana Pembangunan (Sarenbang) di Kelurahan Cilendek Barat. Namum, hingga kini belum ada kepastian kapan akan diper­baiki kembali.

”Musibah itu terjadi pada Februari 2016 dan turap penahan pondasi se­kolah hampir seluruhnya terkikis arus aliran air Kali Cisadane. Saat kejadian tidak ada korban. Namun, kami kha­watir terhadap keselamatan anak di sekolah, mengingat saat ini tengah musim hujan,” jelas Ahmad seraya mengucapkan terima kasih karena di sekeliling sekolahnya sudah dibangun pagar pembatas oleh Disdik Kota Bo­gor untuk keamanan dan kenyamanan siswa agar tidak bermain di belakang sekolah. ”Saya masih tetap meminta agar turap tersebut segera diperbaiki oleh instansi terkait karena sangat membahayakan anak didiknya,” tegas Ahmad.

(her/tur/ar/ram/wan)