Tingkatkan Nilai Tambah Produk, Disnakan Genjot Pembinaan

by -

CIBINONG – Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Bogor terus membina dan menerapkan jami­nan mutu pangan untuk meningkatkan nilai tambah produk hasil olahan pe­ternakan dan perikanan di kawasan Bumi Tegar Beriman.

Kepala Seksi (Kasi) Pengembangan Usaha Disnakan Kabupaten Bogor Lili Nus Chalimah menuturkan, selain mengajarkan penggabungan produk hasil peternakan dan perikanan, Disna­kan juga memberikan pembinaan pengembangan usaha kepada pelaku olahan hasil ternak tersebut. “Pem­binaan dilakukan di seluruh kecama­tan se-Kabupaten Bogor secara me­rata. Dengan pembinaan ini, diharap­kan hasil olahan produk semakin ditingkatkan,” tuturnya.

Tahun ini, lanjut Lili, terdapat dua ka­tegori pengelolaan perikanan dan pe­ternakan se-Kabupaten Bogor yang masuk nominasi Standar Nasional In­donesia (SNI) Award. “Alhamdulillah kami berhasil mendapatkan gelar jua­ra pertama pada kategori Inovasi ting­kat nasional,” bebernya. Adapun, lanjut dia, pembinaan tersebut melibatkan narasumber yang sesuai pakarnya. “Biasanya narasumber yang kami ha­dirkan dari IPB, Balai Besar, Pusat mau­pun Provinsi yang ahlinya di bidang tersebut,” paparnya.

Dengan begitu, ia berharap, hasil olahan produk peternakan dan pe­rikanan lebih baik lagi dari sebelum­nya. “Pembinaan ini saya rasa dapat mendorong motivasi pelaku usaha olahan. Semoga lebih baik di tahun yang akan datang dan produk olahan dapat bersaing di pasaran,” tandas­nya.

(yos/b/sal/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *