Aher segera Bentuk Tim Saber Pungli Tingkat Kota/Kabupaten

by -0 views

METROPOLITAN – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengu­kuhkan Tim Sapu Bersih (Saber) Pungli tingkat provinsi. Nantinya tim juga akan dibentuk di tingkat kabupaten dan kota karena diharapkan membawa dam­pak positif terhadap masyarakat. Aher menuturkan, pemberantasan pungli tidak berdasarkan nominal.

Dia menegaskan, berapa pun nominal pungli terutama di layanan publik akan tetap ditindak. ”Harus ada komitmen dan mengimbau kepada masyarakat untuk tidak terlibat dalam pungli. Kalau ada petugas yang meminta ya tolak dengan tegas,” katanya.

Menurut Aher, masyarakat juga harus membiasakan diri menjalani proses laya­nan resmi bukan malah ’melegalkan’ pungli karena ingin percepatan mendapat pe­layanan. ”Jadi bayarnya itu ke retribusi yang resmi, jangan nggak resmi dan bu­kan ke kantong pribadi pelaku,” jelasnya.

Tim ini akan bekerja sesuai pola peng­amatan melalui cara-cara intelijen. Aher menyebut seluruh instansi di Jabar akan menjadi fokus dari kinerja tim ini.

”Tentu akan ada sinergis dengan pihak kepolisian, TNI, kejaksaan dan unsur lain­nya. Intinya, bukan cuma operasi tangkap tangan saja, melainkan upaya pencegahan hingga menghilangkan budaya pungli dan memberikan efek jera. Kalau men­coba menebak-nebak instansi mana ya semua sektor kita pantau,” katanya.

(dtk/els/py)