BPMPD SEGERA LUNCURKAN SID

by -1 views

CIBINONG – Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Bogor tak lama lagi bakal meluncurkan dan memper­kenalkan Sistem Informasi Desa (SID) kepada seluruh pemerintah desa (pem­des) di Kabupaten Bogor. Hal itu bergu­na untuk mengetahui pembangunan yang sedang dilaksanakan di berbagai titik di Bumi Tegar Beriman.

Kepala Subbagian Program dan Pel­aporan BPMPD Kabupaten Bogor Iin Kamalludin menuturkan, konsep yang saat ini tengah dirancang berpacu pada UU Nomor 06 Tahun 2014 Pasal 86 ayat (1) hingga ayat (8). ”Hal ini ter­kait Pemerintah Kabupaten/Kota ber­kewajiban ikut serta mengembangkan sistem informasi desa,” ujarnya.

Menurut Iin, konsep pengembangan yang hingga saat ini tengah digodok itu tak semata-mata sengaja dibuat begitu saja. Akan tetapi memiliki landasan hukum yang kuat dan pemdes berhak menda­patkan akses informasi melalui SID ter­sebut. ”Saat ini tengah dimatangkan dan terus dikembangkan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota,” katanya.

Mengacu pada landasan UU, SID yang dimaksud pada ayat (2) Pasal 86 juga meliputi fasilitas perangkat keras dan lunak yang dibutuhkan. Di antaranya jaringan internet yang harus disediakan sebelumnya dan memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang dapat mengelola informasi yang dikirim maupun yang diterima terkait SID tersebut. ”SID ini nantinya akan memuat informasi soal pembangunan di kawasan perdesaan dan dapat diakses masyarakat luas,” te­rangnya.

Selain itu, lanjut dia, pada ayat (6) Pasal 86 terdapat juga kewajiban dari Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota untuk menyediakan informasi rencana pembangunan kabupaten/kota kepada pemerintahan desa. ”Sehingga sangat dan perlu dipertimbangkan kesiapan dari tenaga aparatur desa untuk me­menuhi tanggung jawab terkait SID yang harus dan terus dimutakhirkan,” ujarnya. Iin menjelaskan, SID tersebut mengandung maksud lain yang bukan sebatas aplikasi semata, melainkan pe­rangkat tersebut juga bersifat atau mengandung kewenangan lokal ber­skala desa.

”Karena itu, pemkab akan memberikan pendampingan dan penguatan terkait tata cara mengelola informasi serta cara pembuatan data pembangunan di ting­kat desa. SID ini akan diterapkan untuk 417 desa yang ada di Kabupaten Bogor,” pungkasnya.

(yos/b/sal/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *