Kembangkan Aplikasi Simda Keuangan dan SP2D Online

by -28 views

Pemerintah Kabupaten Sukabumi meneken kerja sama dengan Bank Jabar Banten (BJB) serta Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Jawa Barat dalam hal pengembangan Sistem Manajemen Informasi Keuangan Daerah (Simda) serta layanan surat perintah pencairan dana (SP2D) online.

PENANDATANGANAN naskah kerja sama itu dilaksanakan di Pendopo Ne­gara Sukabumi, Selasa (8/11), oleh Bu­pati Sukabumi Marwan Hamami, Kepala Perwakilan BPKP Jawa Barat Deni Suhar­deni dan Kepala Cabang BJB Palabuhan­ratu Nurachman Wijaya.

Menurut Kepala Cabang BJB, aplikasi SP2D merupakan layanan peningkatan proses pengelolaan keuangan berbasis online untuk mengurangi hambatan pen­cairan anggaran. “Memudahkan pelaya­nan bagi pemda aplikasi ini,” kata Nurach­man.

Bupati Sukabumi Marwan Hamami me­nyebutkan, penyelenggaraan SP2D online yang akan diimplementasikan ini merupa­kan aktualisasi dari komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi dalam me­ningkatkan pelayanan di bidang pengelo­laan keuangan daerah, karena salah satu fungsi dari pemerintah daerah adalah pu­blic service, baik internal ataupun eksternal. “Intinya semua organisasi perangkat dae­rah di Kabupaten Sukabumi harus mendu­kung aplikasi ini, agar pelayanan transparan,” kata Marwan.

Dinas Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah (DPKAD), lanjut dia, menginisia­si terobosan pelayanan untuk mening­katkan efektivitas proses pencairan dana bisa lebih cepat dan tidak ada perbe­daan data akibat salah entry SP2D se­cara manual.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat Deni Suardini mengatakan, SP2D online ini merupakan inovasi terpercaya, karena merupakan warning system dalam mencegah tindak pidana korupsi. Deni menyampaikan pula ada prasyarat SP2D online, yaitu penerapan manajemen keu­angan yang dibantu Simda BPKP agar terhindar dari penginputan berkali-kali.

(ner/els/py)

 

Loading...