Bupati Bandung Janji Bangun Kampung Sunda

by -

METROPOLITAN – Bupati Bandung, Dadang M Naser berjanji akan membangun gedung konvensi dan pusat pameran di kawasan belakang Gedong Budaya Sabilulungan, Jalan Al Fathu, Soreang, Kabupaten Bandung. Sebagaimana yang pernah diwacanankan oleh pemda, kawasan itu nantinya akan menjadi kawasan wisata yang diberi nama Kampung Sunda,

Kata Dadang, pendirian gedung konvensi sendiri akan bertempat di sebuah wilayah terpadu Kampung Sunda akan menjadi daya tarik tersendiri buat wisatawan yang akan berkunjung di Kabupaten Bandung. Apalagi kampung itu nantinya akan turut melestarikan kebudayaan Sunda yang ada di Kabupaten Bandung.

“Saya ingin bikin, 2018 nanti, semacam bangunan JCC (Jakarta Convention Center) di Jakarta,” ujar Dadang M Naser kepada Wartawan, usai pelantikan pejabat eselon 3 Kabupaten Bandung, di Gedung Mohammad Toha, Soreang, Kabupaten Bandung, Jumat (6/1/2017) lalu.

Dadang menambahkan, ke depan gedung tersebut akan melengkapi dome atau Bale Sabilulungan yang sekarang, karena menurutnya di Kabupaten Bandung bahkan di Jawa Barat belum mempunyai Gedung Serbaguna bertaraf internasional.

“Jawa Barat kan belum punya gedung seperti JCC di Jakarta, untuk ditempatkan di Kota Bandung kan tidak ada lahan, nah kami punya lahan,” ujarnya.

Namun, kata Dadang realisasi pembangunan gedung konvensi itu belum bisa dilakukan tahun ini.

“Tapi tidak tahun 2017 ini, sekarang hanya baru sekedar pembuatanDED-nya (Detail Engineering Design) dulu.

Selain itu, Dadang mengatakan sangat mengharapkan banyak investor yang masuk ke Kampung Sunda nantinya. Bahkan dirinya juga mengungkapkan pembangunan Kampung Sunda akan dibentuk oleh investasinya.

Ke depan, kampung Sunda akan berisi pusat penjualan kuliner, pakaian, maupun pementasan seni dan olahraga tradisional untuk menarik minat wisatawan dalam maupun luar negeri.

“Kita tunggu saja, semoga berjalan lamcar agar masyarakat mendapatkan tempat wisata budaya,” tutupnya.

SUMBER – jabar.pojoksatu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *