News, Sport and Lifestyle

PD Cicurug Ajak Kades Pahami Usulan Musrenbang

METROPOLITAN – Pendamping Desa (PD) di Kecamatan Cicurug Aang Erlan Hudaya mengajak kepala desa (kades) lebih memahami usulan dalam Musyawa­rah Rencana Pembangunan Desa (Mus­renbangdes). Hal tersebut dikatakannya usai menggelar pra-musrenbang di UPTD Kecamatan Cicurug yang dihadiri kasi, kades, OPD dan para tokoh.

Musrenbang yang menjadi acuan dalam perspektif pembangunan harus dilaks­anakan. Oleh karena itu, setiap desa harus melaksanakannya, mulai dari musdus untuk dis­usun ke musrenbangdes. Ha­sil musrenbangdes akan dis­usun bersama ke dalam mus­renbang kecamatan. Hal itulah yang mendorong PD Kecamatan Cicurug Aang Erlan Hudaya mem­beri pemahaman kades dalam menggelar musrenbang.

Aang mengatakan, musrenbang ini untuk dilaksanakan Tahun Anggaran 2018. Usulan itu harus terstruktur dan terukur. Selain itu, juga harus memenuhi asas kebutuhan masyarakat dan ke­manfaatannya. Sebab, pembangunan yang dilaksanakan desa untuk kepentingan masy­arakat. ”Ini yang harus lebih dipahami para kades,” paparnya.

Aang menjelaskan, untuk pemberday­aan ada yang dinamakan Pelayanan So­sial Dasar (PSD) yakni bidang pendidikan dan kesehatan. Sementara bidang eko­nomi dititikberatkan ke Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

(whd/hp/ram/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *