News, Sport and Lifestyle

Setelah Uncal, Ada Jalan Romantis di Jalak Harupat

METROPOLITAN – Sejak dikenalkan awal 2017, bus wisata Uncal diburu warga yang ingin berkeliling Kota Bogor. Kemarin, bus yang melintasi Jalan Juanda, Ja­lan Ahmad Yani hingga Jalan Sudirman, masih dalam tahap uji coba dan gratis. “Yang naik bus Uncal ini tahu apa saja yang ada di Kota Bogor,” kata Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto.

Bus berwarna biru itu ha­dir menemani masyarakat berkeliling di Kota Hujan. Bus yang memiliki arti Unforget­table City Tour At Loveable City itu ditargetkan dapat mengurai kemacetan di Kota Bogor. Namun, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor belum memberi kepastian mengenai tarif bagi wisawatan yang in­gin menaiki bus yang memiliki desain bergambar rusa.

Walikota Bogor Bima Arya mengatakan, tahap awal bus Uncal akan digratiskan bagi para wisatawan. Sebab, biaya operasionalnya masih ditang­gung Bank Jawa Barat (BJB) melalui Corporate Social Re­sponsibility (CSR).

Politisi PAN ini mengatakan, tujuan diresmikannya bus Uncal untuk mengurai ke­macetan di Kota Bogor den­gan cara mengurangi jumlah kendaraan wisatawan di Kota Bogor. Ke depan, wisatawan cukup parkir di Terminal Ba­ranangsiang atau di Botani Square dan menaiki bus Uncal. Jadi, kendaraan pribadi yang melintas bakal berkurang.

Sementara selain bus Uncal, Pemerintah Kota Bogor pun menggagas destinasi wisata baru dengan memanfaatkan pedestrian. Bima berencana membuat Jalan Jalak Harupat menjadi jalan paling romatis di Kota Bogor bahkan di In­donesia.

“Jalan Jalak Harupat akan ditata menjadi jalan paling romantis,” kata Bima. “Jalan Jalak Harupat ini sangat adem apalagi saat panas, angin sepoi-sepoi sangat terasa nikmat,” sambungnya.

Bima menjelaskan, sepan­jang Jalan Jalak Harupat akan ditata dengan pencahayaan lampu yang diberi aksen-akses membuat suasana romantis di sepanjang trotoar. Ini merupak­an bagian dari penataan fasilitas pedestrian seputar Kebun Raya dan Istana Bogor.

Menurutnya, fasilitas pedes­trian akan terus disempur­nakan dan akan terintegrasi dengan sejumlah taman-ta­man yang ada. Salah satunya Taman Kencana yang dibuat menyerupai taman-taman di Eropa. Tak hanya itu, dalam waktu dekat juga akan diban­gun Taman Cinta.

(mam/c/er/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *