METROPOLITAN – SDN Babakan Asem Kota Bogor, Budayakan ’Lisa’ (lihat sampah ambil) kepada siswanya. Tujuannya, agar para peserta didik sekolah yang berlokasi di wilayah Kelurahan Baranangsiang, Ke­camatan Bogor Timur, terbiasa hidup ber­sih dan cinta lingkungan sekolah yang indah. Diharapkan, dengan program Lisa ini karakter peserta didik akan terbentuk. Mengingat, hal itu adalah salah satu program pembentukan karakter terhadap peserta didik. Sehingga, nantinya akan berdampak langsung terhadap prestasi anak didik. “Tujuan kami menerapkan budaya bersih dan cinta lingkungan, tak lain untuk menga­rah kepada pembentukan budaya karakter sekolah, yaitu nilai-nilai yang melandasi perilaku, tradisi, kebiasaan keseharian dan simbol-simbol yang dipraktikkan oleh se­mua warga sekolah dan masyarakat sekitar,” papar Kepala SDN Babakan Asem Hani An Muh Said kepada Metropolitan, kemarin

Menurut dia, program budaya sekolah bersih dan berwawasan lingkungan ini merupakan ciri khas, karakter atau watak dan citra sekolah di mata masyarakat luas. ”Kami juga mengajarkan siswa agar memun­gut sampah bila berserakan di halaman sekolah, serta memanfaatkan lahan-lahan kosong untuk ditanami berbagai jenis kembang,” ujarnya.

Bukan itu saja, sekolah juga mengajari para peserta didiknya taat dalam menja­lankan ibadah terutama bagi umat Islam. Di antaranya, melakukan salat duha, baca Al Qur’an dan saling mengasihi antarse­sama. ”Alhamdulillah, program tersebut sudah berjalan dengan baik. Sehingga, lingkungan sekolah terlihat bersih dan in­dah,” tambahnya.

Ia juga berharap, agar Dinas Pendidikan Kota Bogor merevitalisasi bangunan se­kolah yang mulai rusak. Sehingga, keper­cayaan masyarakat untuk mensekolahkan anaknya di sekolah ini semakin mening­kat. ”Kami sudah beberapa kali mengaju­kannya, namun belum ada realisasinya. Mudah-mudahan, melalui berita ini, per­mohonan kami dikabulkan disdik,” im­buhnya.

(dod/tur/ar/ram/dit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here