METROPOLITAN – SDN Katulampa 03 Kota Bogor, di wilayah Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, akan terus mengembangkan pendi­dikan karakter di bidang keagamaan terhadap siswa. Bahkan, membiasakan siswa berbuat jujur dan disiplin. Sebab, karakter peserta didik akan terbentuk setelah proses pembiasaan yang ditanamkan sejak dini dan konsisten di sekolah, keluarga maupun lingkungan masyarakat. ”Jadi untuk menumbuh­kan karakter itu, bukan karena lama­nya sekolah, tapi proses pembiasaan itu sendiri,” ujar Kepala SDN Katu­lampa 03 Sumarni, kepada Metropo­litan, di sekolahnya di wilayah Kelu­rahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, kemarin.

Tapi, menurut dia, proses ini harus dimulai dari kegiatan yang dibiasakan, dilatih konsisten maka akan menjadi kebiasaan. Sehingga akan tumbuh karakter yang kemudian menjadi bu­daya. ”Makanya, sebelum Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dimulai, para guru dan siswa di sekolah ini dibiasa­kan membaca Al Qur’an dan doa ber­sama setiap hari,” papar Sumarni.

Sebaliknya, ia juga mengakui, pem­bentukan watak dan pendidikan ka­rakter melalui sekolah tidak bisa dila­kukan semata-mata melalui pembe­lajaran pengetahuan, tetapi juga melalui penanaman atau pendidikan nilai-nilai yang mencakup dua bidang pokok yaitu akhlak, moral, budi pe­kerti. ”Jadi, kedua bidang pokok itulah yang sedang kami terapkan di sekolah ini,” imbuhnya.

(dod/tur/ar/ram/dit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here