SHARE

TAJURHALANG – Februari dan Agustus merupakan bulan vitamin A. Pada bulan ter­sebut dilakukan pemberian vitamin A dosis tinggi untuk bayi dan balita usia 6-59 bulan. Sedangkan pada bayi usia 6-11 bulan dibe­rikan vitamin A kapsul biru (dosis 100.000 IU) dan pada balita usia 12-59 bulan diberikan vitamin A kapsul merah (dosis 200.000 IU).

Camat Tajurhalang Nurhayati bersama UPT Kesehatan melaksanakan pemberian vitamin A di Desa Nanggerang dan Sukma­jaya. ”Kami sangat mendukung agar program ini berjalan sukses serta bisa mencapai tar­get. Karena ini merupakan program nasio­nal yang wajib kita sukseskan, maka pem­berian vitamin A ini dilaksanakan setahun dua kali yaitu Februari dan Agustus,” kata­nya kepada Metropolitan, kemarin.

Nurhayati berharap masyarakat Tajurhalang mengoptimalkan program nasional ini. Dengan adanya pelayanan gratis tersebut, warga diminta datang ke posyandu agar para balita tumbuh sehat sesuai harapan program tersebut.

Sedangkan perwakilan UPT Kesehatan Suryana mengatakan, pemberian vitamin A ini sangat penting sebagai upaya pence­gahan kekurangan vitamin A, kebutaan dan penurunan kematian pada balita. “Selain vitamin, seperti biasa kami menimbang dan memeriksa kesehatan balita dan ibu hamil secara rutin serta memberikan makanan tambahan selain air susu ibu,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Desa Sukmajaya Nuraeni menambahkan, suatu keberuntungan dan kehormatan bagi posyandu di Desa Sukmajaya karena pem­berian vitamin ini dihadiri camat. ”Beliau sen­diri yang langsung memberikan vitamin A kepada balita,” pungkasnya.

(khr/b/sal/py)

Komentar Anda?

LEAVE A REPLY