News, Sport and Lifestyle

Berbagi Kelas, Kalau Siang Jadi Panas

TAK hanya gedung Kelas Jauh SDN Rabak 1, Desa Rabak, Kecamatan Rumpin yang kondisinya memprihatinkan, SMP Islam Terpadu (IT) AR-Rasyid pun men­galami hal serupa.

Kurangnya ruang kelas membuat para siswa harus berbagi kelas dengan disekat triplek. Tak hanya itu, sekolah yang ber­diri sejak 2015 di Kampung Palias, RT 09/02, Desa Rabak itu tak memiliki atap, sehingga panas jika siang.

Siswa kelas dua, Ari (10) mengatakan, ruang kelas yang dipenggal triplek mem­buat susana belajar tak nyaman. Selama ini teman-teman satu kelas mengharap­kan dibangun satu ruang lagi, sehingga belajar menjadi nyaman. ”Kalau satu kelas disatukan belajar jadi terganggu. Harusnya dibangunkan kelas baru,” pin­tanya.

Sementara itu, Kepala SMP IT AR-Ra­syid Badrul Munir mengatakan, sejak pertama kali dibanggun, kondisi sekolah tak menggunakan plafon. “Sekolah ini merupakan SMP pertama kali ada di Desa Rabak dan berdiri pada 2015,” ujar Munir, sapaan akrabnya kepada Metro­politan, kemarin.

Ia menjelaskan, meski bangunannya tak menunjang, sekolah ini sudah menjadi tumpuan pendidikan warga Desa Rabak dan Banyuasih, Kecamatan Cigudeg.

“Jumlah siswa ada 63 orang yang ter­diri dari kelas satu dan dua. Satu kelas berkisar antara 36 hingga 27 murid. Sekolah ini memiliki tiga ruang belajar dan satu kelas SMA AR-Rasyid, me­rang­kap kantor kepala sekolah,” bebernya.

Selain atap rusak, sambungnya, bangu­nan sekolah ini juga kekurangan ruang belajar. Satu ruangan dibuat dua kelas dan dibagi menggunakan sekat yang terbuat dari triplek seadanya dan sudah lapuk. ”Ruang kelas yang disekat menga­kibatkan proses belajar jadi kurang mak­si­m a l , ” kata dia.

Ia mengaku sudah melaporkan kon­disi sekolah tersebut kepada Kantor Ke­menterian Agama Kabupaten Bogor sebagai instansi berwenang. Namun, hingga kini kondisinya memprihatinkan. ”Kami sudah mengajukan perbaikan, te­tapi belum ada tanggapan. Semoga pe­merintah daerah bisa peka akan kebu­tuhan sarana pendidikan di pelosok,” pungkasnya.

(ads/c/yok/ run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *