News, Sport and Lifestyle

Bupati Buka Forum Gabungan Perangkat Daerah

 METROPOLITAN – Bupati Sukabumi H Marwan Hamami membuka Forum Ga­bungan Perangkat Daerah Penyusunan RKPD Kabupaten Sukabumi di Bale Pan­gripta Bappeda, kemarin. Acara tersebut digelar dalam penyempurnaan rancangan RKPD yang telah disusun BAPPEDA.

“Forum Gabungan Perangkat Daerah (FGPD) merupakan arena strategis dalam menentukan prioritas pembangunan sek­toral, terutama bagi perangkat daerah yang paling terkait dengan pelayanan publik,” ujar Marwan.

Dia menjelaskan, Forum Gabungan Pe­rangkat Daerah ini menggunakan pen­dekatan perencanaan partisipatif yang berasal dari hasil Musrenbang Kecamatan dan dikembangkan perangkat daerah berdasarkan kebijakan dan program prioritas daerah.

“Pendekatan ini akan menjadi dasar dalam membuat kesepakatan terkait dengan prioritas Pembangunan Perang­kat Daerah Kabupaten Sukabumi pada 2018,” jelasnya.

Saat ini kata Marwan, pemerintah dituntut mampu membuat perencanaan pembangu­nan yang sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan masyarakat, rasional, tepat sasaran, efisien serta berdampak langsung pada kesejahteraan masyarakat.

“Oleh karena itu untuk menjawab ke­butuhan masyarakat dalam Forum Ga­bungan Perangkat Daerah ini harus ter­cipta komunikasi, koordinasi serta sin­kronisasi antara kebutuhan dan kepen­tingan masyarakat yang telah diusulkan dalam Musrenbang Kecamatan,” harap­nya.

Lebih lanjut menurut Marwan, pembangu­nan merupakan kegiatan yang saling terkait antar sektor, sehingga dalam pelaksanaannya juga harus memper­timbangkan keterkaitan wilayah, ruang dan waktu, tidak hanya antara wilayah kecamatan dengan sektor atau perangkat daerah tetapi juga antara sektor itu sen­diri dalam pelaksanaanya.(hep/er/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *