Dana Belum Cair, Panitia Pilkades Terpaksa Ngutang

by -

RANCABUNGUR – Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Pasirgaok Keca­matan Rancabungur mempertanyakan dana bantuan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor untuk penyelenggaraan pilkades hingga kini belum juga turun. Padahal, tahapan pilkades sudah masuk penetapan calon kades dengan pengo­cokan nomor urut.

“Sampai hari ini (kemarin, red) belum juga keluar anggarannya. Padahal, pani­tia sudah menetapkan calon kades dengan pengocokan nomor urut,” kata Wakil Ketua Panitia Pilkades Desa Pasirgaok Dayat. Untuk menutup biaya pilkades selama proses penjaringan sampai pen­gocokan nomor urut calon, lanjut dia, diambil dari tabungan pilkades desa.

“Itu pun sudah habis, maka cara lain yang kami tempuh dengan mencari dana talangan dari anggota panitia yang memiliki rezeki lebih. Intinya, walau dana dari pemkab belum cair, kami masih bisa bekerja demi suksesnya pilkades,” tambahnya.

Hal senada diungkapkan Sekretaris Pa­nitia Pilkades Desa Bojong, Kecamatan Kemang, Syahrawi. Ia mengaku bingung untuk menutupi pengeluaran dengan belum turunnya dana pilkades. Apalagi, saat ada anggota yang tengah membu­tuhkan uang. “Karena membutuhkan uang mereka kasbon, tapi kami tidak bisa memberikannya,” ujarnya.

Dia juga berharap bantuan tersebut segera cair, karena tugas panitia sangat berat demi suksesnya pilkades ini. “Saya berharap pencairan dana pilkades wak­tunya jangan terlalu mepet,” pungkasnya.

(khr/b/sal/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *