Kadisdik Optimis Rata-Rata Sekolah 9 Tahun Tercapai

by -1 views

METROPOLITAN– Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor optimis Rata-rata Lama Sekolah (RLS) 9 tahun bisa tercapai pada 2018 mendatang, jika metode penghitungan mengguna­kan batasan usia 15 tahun ke atas.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, TB Luthfie Syam menjelaskan, dengan RLS 8,04 tahun itu bisa ter­capai tahun depan dengan mangacu pertumbuhan rata-rata 0,3 tahun.

“Pada periode 2008-2013, RLS kita tumbuh 0,3 tahun per tahun. Sekarang RLS 8,04 tahun, jika acuan kesana (0,3 tahun per tahun) pasti terkejar,” kata Luthfie, Kamis (2/1).

Dia pun meminta agar Badan Pe­rencanaan Pembangunan Daerah (Bappede) dan Litbang Kabupaten Bogor menyampaikannya pada Badan Pusat Statistik(BPS). Jika mengguna­kan metode penghitungan usia 15 tahun ke atas, RLS 9 tahun pasti ter­capai di 2018.

“Sekarang kan batasannya 25 tahun ke atas. Pasti sulit mengajak orang-orang tua untuk sekolah lagi. Dengan perhitungan batasan 25 tahun itu RLS kita cuma tinggal 7,77 tahun,” katanya.

Dengan perhitungan baru itu, 8,04 tahun sama saja jika sudah menun­taskan salah satu indikator penciri. “Cuma di masyarakat pandangannya lain-lain. Dengan target berubah disangkanya cuma akal-akalan ka­rena takut 9 tahun tidak terkejar,” tukas Luthfie.

(bgr/feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *