Sebaiknya SBY Tidak Umbar Opini Ada yang Halangi Ketemu Jokowi

by -1 views

METROPOLITAN – Pengamat komunikasi politik Emrus Sihombing menilai tidak tepat mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan ke publik jika ada oknum yang mencoba menghalaginya bertemu Presiden Jokowi.

“Sudah bukan saatnya, bahkan tidak produktif bagi bangsa untuk membahasnya, misalnya ada dua tiga orang yang menghalagi pertemuan Jokowi-SBY, kata Emrus kepada Pojoksatu, Jumat (3/2).

Pun jika memang ada pihak yang menghalagi SBY bertemu Jokowi, sebaiknya hal itu disampaikan SBY secara langsung kepada Jokowi, saat bertemu muka, komunikasi prifat antarmereka berdua, agar Jokowi dapat memahami orang yang ada di sekitarnya, dan bukan disampaikan di ruang publik.

“Menurut hemat saya, sejatinya sebagai good leadership, siapapun dia, harus bijak memilah pesan komunikasi yang disampaikan di ruang prifat dan mana yang disampaikan di ruang publik. Inilah salah satu kecerdasan komunikasi yang mutlak dimiliki seorang pemimpin yang berkarakter kenegarawanan,” katanya.

Sebab kata dia, bila pesan komunikasi untuk keperluan prifat lalu disampaikan di ruang publik, bisa menimbulkan persepsi liar. Bahkan berpotensi membuat situasi politik terganggu sehingga motif politik yang menghalangi tersebut semakin kondusif dapat terwujud.

“Dengan kata lain, komunikasi langsung dapat meniadakan perilaku pembisik komunikasi yang ada di ring kekuasaan. Karena itu, menurut saya, kedua tokoh bangsa kita, Jokowi dan SBY, lebih proaktif dengan inisiatif agar sesegera mungkin bertemu,” demikian Emrus.

Sumber : pojoksatu

Loading...