News, Sport and Lifestyle

Akibat Longsor, Saluran Irigasi Di Parakansalak Rusak

METROPOLITAN – Kecamatan Para­kansalak, Kabupaten Sukabumi, di­landa longsor pada Sabtu (18/3) dan mengakibatkan saluran irigasi di wi­layah tersebut rusak. Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Ba­dan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Yana Suryana mengatakan, berdasarkan la­poran dari relawan penanggulangan bencana di kecamatan tersebut, ben­cana terjadi pada pukul 10:00 WIB di Kampung Lebakpucung, RT 03/08, Desa Lebaksari, Kecamatan Parakansalak, Sukabumi.

Menurut Yana, saluran irigasi yang rusak mencapai panjang sekitar 20 me­ter dan lebar 1,2 meter. Ia mengatakan, jebolnya saluran irigasi akibat bencana longsor dari tebing di atasnya. Peris­tiwa itu terjadi saat wilayah Parakansalak diguyur hujan deras sejak Sabtu pagi. Akibat bencana itu, sambungnya, dik­hawatirkan sarana pengairan unuk area persawahan menjadi terganggu.

“BPBD telah menjalin koordinasi dengan instansi terkait lainnya dalam upaya perbaikan. Selain irigasi, longsor juga merusak jalan provinsi di Jalur Jalan Cikidang-Palabuhanratu yang berada di Desa Cijambe, Kecamatan Cikidang,” tandasnya.

 (rep/ram/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *