News, Sport and Lifestyle

Dana CSR Tak Pernah Disalurkan

CARINGIN – Perusahaan Air Minum Da­lam Kemasan (AMDK) PT Buana Tirta Abadi (BTA) di Kampung Sisalopa, Desa Pasirbuncir, Kecamatan Caringin, Kabupa­ten Bogor dikeluhkan warga dan pemerin­tah desa. Pasalnya, selama ini perusahaan tersebut tidak pernah menyalurkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) bagi warga sekitar. Kepala Desa (Kades) Pasir­buncir Komarudin Jaelani memaparkan, selama empat tahun dirinya menjabat se­bagai kades, perusahaan tersebut tidak pernah menyalurkan dana CSR yang men­jadi tanggung jawab perusahaan.

“Belum pernah pemerintah desa mene­rima sumbangan atau dana CSR dari PT BTA untuk kemudian disalurkan kepada warga demi kemaslahatan masyarakat. Dalam bentuk apapun, masyarakat selalu swadaya dalam berkegiatan. Perusahaan tersebut tak pernah memberikan dana CSR yang menjadi kewajibannya,” tegas Jaela­ni kepada Metropolitan.

Padahal, penghasilan perusahaan tersebut mencapai Rp5 miliar dalam satu tahun. Per­nah ada perjanjian, lanjut kades, antara pihak PT BTA dengan warga yang difasilitasi langs­ung Pemdes Pasirbuncir untuk menyalurkan dana CSR kepada warga. Namun, perjanjian tinggalah perjanjian. Hingga saat ini warga tak pernah merasakan manfaat dari kebera­daan perusahaan tersebut. “Perjanjian itu kami buat setahun yang lalu, namun sampai saat ini dana tersebut tidak pernah dirasakan warga,” jejasnya lagi.

Hal senada diungkapkan salah seorang warga Kampung Cisalopa, Jaja Sulaiman (43) yang rumahnya dilintasi truk besar pengangkut produk PT BTA. Pertama kali berdiri, perusahaan pernah memberikan sumbangan berupa air dalam kemasan untuk setiap pengajian yang digelar warga. Namun, entah apa alasannya bantuan ter­sebut di-stop dan hingga kini belum per­nah ada lagi bantuan dalam bentuk apa pun. “Pelitnya minta ampun. Untuk me­minta sumbangan saja, warga harus mengaju­kan proposal. Parahnya proposal warga hanya dihargai tiga dus air minum dalam kemasan gelas. Itu pun sudah di-stop se­karang, tidak tahu alasannya apa,” tuntas­nya.

(nto/b/suf/dit)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *