News, Sport and Lifestyle

Gadis 13 Tahun Di Rumpin Idap Kusta

RUMPIN – Kabupaten Bogor ternyata belum bebas dari penyakit mematikan. Buktinya, masih banyak masyarakat di wilayah terpencil yang tidak mendapatkan perhatian dari pemerintah.

Seperti di Kecamatan Rumpin, tiga warga Kampung Cisentul, Desa Cibodas, diduga mengalami kusta. Bahkan satu di antaranya Siti (13), warga Cisentulkaler, telah mengidap kusta hingga stadium empat.

Menurut warga setempat, gadis itu sempat dirawat di Puskesmas Desa Gobang dan masih ada tiga orang lainnya di Kampung Cisentul. “Tiga orang lainnya belum diketahui, baru Senin diperiksa,” ujarnya. Menurut dia, pihak puskesmas telah memberi arahan pada keluarga Siti untuk membuat SKTM, BPJS, atau lainnya untuk mendapatkan pengobatan gratis.

“Anak yang kena kusta kan tinggal dekat rumah lurah. Waktu kita datang ke rumah lurah jam 11 siang mau lapor, lurahnya masih tidur. Info terakhir tiga hari lalu baru mau dibuatkan Kartu Indonesia Sehat (KIS),” tuturnya.

Sementara itu, Kabid P2PL Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor Agus menjelaskan, kusta adalah penyakit langka. Kusta bisa diatasi jika orang tersebut langsung diobati dan tidak boleh berhenti 24 bulan, jauh lebih lama daripada TBC. “Kusta berawal dari virus. Kusta berkaitan dengan namanya tulang atau kulit yang membuat tubuh tidak bisa merasakan apa– apa,” jelasnya.

Agus pun mengimbau orang yang mengidap kusta harus segera diobati. “Antisipasinya jangan kontak langsung dengan orang yang mengidap kusta dan diusahakan pakai masker. Jika sudah terlanjur segera cuci tangan pakai sabun dan alkohol,” terangnya.(ads/c/yok/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *