News, Sport and Lifestyle

Jalan-jalan ke Kebun Teh untuk Mengenal Alam

Memeriahkan Hari Downsyndrome Sedunia yang jatuh pada 21 Maret, Home Schooling Special Needs (HSSN) Piramida menggelar kegiatan Kelas Malam Bina Diri (KMBD). Kegiatan yang digelar dua hari satu malam ini berpusat di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor.

Sekolah rumah yang diperun­tukkan bagi Anak-anak Berke­butuhan Khusus (ABK) ini se­cara rutin menggelar kegiatan KMBD setiap bulan. Para sis­wanya menginap satu malam di sekolahnya dan dirangkai dengan berbagai macam ke­giatan untuk mengasah ke­mampuan. Namun, KMBD kali ini berbeda dengan KMBD sebelumnya. Para siswa diajak mengenal alam dengan kegia­tan Tea Walk di kawasan per­kebunan teh Gunungmas, Puncak, Kabupaten Bogor.

Manajer Program HSSN Pi­ramida Eka Muttaqien menu­turkan, kegiatan tersebut merupakan program penge­nalan alam bagi para murid­nya. ”Kegiatan ini bertujuan memberi kesempatan kepada siswa untuk mengenal ling­kungan alam lebih dekat dan beradaptasi di dalamnya, pe­maknaan kontur jalan menan­jak, menurun, datar, lurus, belok, berbatu, aspal, rumput, melihat ragam flora dan fau­na yang ditemui dalam per­jalanan serta membuat cata­tan kegiatan,” tuturnya.

Kegiatan tersebut digelar dua hari satu malam sejak Kamis (16/3) hingga Jumat (17/3). Pada hari pertama, para siswa diajak bermain sambil belajar di sekolahnya yang beralamat di Kompleks Baranangsiang III, Jalan Cika­huripan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. ”Kegia­tan KMBD kali ini memang sedikit berbeda. Dengan ada­nya Tea Walk di kawasan Pun cak, kami pun sekaligus memeriahkan Hari Downsyndrome Sedunia pada 21 Maret dan Hari Autism Sedunia yang di­peringati setiap 2 April. Selama ini kami memang konsen mem­beri layanan pendidikan bagi ABK,” ujar Eka.

 (fad/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *