Laga Bergengsi

by -

DI tengah pekan mendatang, laga dan pertandingan bergengsi bakal dihelat. Duel antara Rusia Vs Belgia ini akan di­helat di Olimpiyskiy Stadion Fisht, Sochi, Selasa (28/3), pukul 23:00 WIB.

Pelatih Rusia, begitu konsisten dengan skema 4-3-2-1. Dalam prosesnya formasi itu bisa berubah menjadi 4-3-3 kala mereka memiliki kebutuhan lebih untuk menyerang. Satu masalah yang terdeteksi adalah kerentanan di lini belakang. Efektivitas yang jadi ujung tom­bak bergantian dengan masih tumpul di depan.

Rusia sempat mengede­pankan formasi modern 4-2-3-1, S. Cherchesov kini me­matenkan skema ofensif 4-3-3 pada Rusia. Formasi tersebut dirasa cocok dengan kondisi dan kebutuhan skuat Rusia saat ini. Keberadaan trio Alek­sander, yakni Kokorin, Kerzha­kov dan Semedov membuat taktik berjalan efektif. Fakta tersebut bisa terlihat dari to­rehan 20 gol selama babak kualifikasi Piala Dunia yang dilakoni Rusia. Dari statistik dan skema di atas, tak dira­gukan kalau mereka memiliki sejumlah peluang menang yang cukup seimbang.

Kedua negara hampir me­miliki kekuatan yang sama dalam musim ini. Namun yang membedakan adalah jumlah kemenangannya. Tim­nas Belgia masih lebih unggul dengan catatan tiga kemenan­gan yang mampu dikemas dari lima pertandingannya. Bila dibandingkan dengan Rusia, dua kali hasil imbang dan satu kali kalah, tentu Belgia lah yang lebih unggul dalam hal tersebut. Dari lima pertandingan terakhir, Rusia sudah mengeksekusi tiga kali kemenangan dengan sisanya dua kali kemenangan.

Memang, kedua negara sebelumnya belum pernah bertemu dan bertanding di ajang mana pun. Namun, yang pasti bahwa dalam pertandin­gan kali ini, baik Rusia maupun Belgia akan saling mengerah­kan kemampuan maksimalnya demi mampu bermain dan mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan. Sejauh ini, Belgia memang belum per­nah terkalahkan. Akan tetapi dalam dua pekan terakhir keduanya sama sama gagal mengusung kemenangan dan hanya menuai hasil imbang. Dengan catatan yang hampir seimbang tersebut, maka kali ini sang tuan rumahlah yang akan lebih diunggulkan.

(bol/feb/dit)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *