Siti Aisyah Akan Kembali Disidang 13 April

by -0 views

METROPOLITAN – Sidang pembacaan dakwaan terhadap kedua wanita tersangka pembunuh Kim Jong-Nam berlangsung singkat. Pengadilan Malaysia mengumumkan sidang akan kembali dilanjutkan pada 13 April mendatang.

Dalam sidang yang digelar di Pengadilan Sepang hari ini, Siti Aisyah, WNI dan Doan Thi Huong asal Vietnam dijerat dengan dakwaan pembunuhan. Jika terbukti bersalah, keduanya terancam hukuman mati.

Wakil Penuntut Umum Muhammad Iskandar seperti dilansir media Malaysia, The Star, meminta agar kedua wanita tersebut diadili bersama-sama dalam persidangan yang akan digelar pada 13 April. Hakim Harith Sham Mohamed Yasin mengabulkan permintaan tersebut.

Gooi Soon Seng, pengacara yang mewakili Siti Aisyah, meminta pengadilan untuk mengeluarkan perintah bagi kepolisian dan saksi-saksi agar tidak mengeluarkan pernyataan kepada pers, yang bisa memberatkan atau mengganggu kasus kliennya.

“Aplikasi ini untuk memastikan hak dia akan pengadilan yang adil tidak terganggu,” tutur Gooi.

Hakim pun mengabulkan permintaan tersebut.

Menurut dakwaan seperti dilansir kantor berita Reuters, Aisyah dan Doan serta empat orang yang masih diburu, berada di area keberangkatan Bandara Internasional Kuala Lumpur, dengan niat untuk membunuh warga Korut bernama Kim Chol, yang merupakan nama lain dari Kim Jong-Nam.

Saat ini seorang pria Korut yang diidentifikasi kepolisian sebagai Ri Jong Chol, masih berada dalam penahanan kepolisian dan belum dikenai dakwaan.

Kepolisian Malaysia menyatakan, Aisyah dan Doan telah mengusapkan wajah Kim Jong-Nam dengan gas saraf VX di Bandara Internasional Kuala Lumpur pada 13 Februari lalu. Jong-Nam meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit, hanya sekitar 15-20 menit setelah diserang kedua wanita itu.

SUMBER : detik