Titik Bangkit

by -

METROPOLITAN – Sebuah ujian berat siap menghadang perjala­nan AS Roma di ajang Europa League musim ini. Demi melaju ke fase perempat final, mereka harus berhadapan dengan salah satu unggulan juara musim ini, Olympique Lyon pada Jumat (10/3) dinihari nanti.

Semenjak tersingkir ke Europa League pasca dikalahkan FC Por­to di babak playoff Liga Champions awal musim lalu, AS Roma sukses menunjukkan bermain sepenuh hati. Mereka sukses keluar sebagai juara Grup E, di mana mereka tidak terkalahkan di fase grup dengan tiga kemenangan dan tiga hasil imbang. Performa apik mereka berlanjut di babak 32 besar di mana mereka sukses mengalahkan salah satu tim kuat, Villarreal dengan agregat 4-1. Untuk itu mereka bertekad untuk terus melanjutkan per­forma apik mereka di babak 16 besar ini.­

Lawan yang akan mereka hadapi di babak 16 besar Olympique Lyon. Tim asal Perancis ini memulai kiprah mereka di Liga Europa di babak 32 besar, setelah mer­eka hanya finish di peringkat tiga Grup H Liga Champions musim ini. Namun performa mereka di babak 32 besar ke­marin tergolong sangat bagus, di mana mereka mengempas­kan wakil belanda AZ Alkmaar dengan agregat 11-2, di mana mereka menang di kandang mereka dengan skor 7-1. Un­tuk itu AS Roma harus tampil maksimal jika mereka ingin mengamankan kemenangan di leg pertama ini.

Jelang laga ini kondisi tim tamu bisa dikatakan tengah ter­puruk. Mereka sudah menelan dua kekalahan beruntun. Untuk itu laga ini bisa menjadi titik ke­bangkitan bagi AS Roma.

Jelang laga ini, kubu Olympique Lyon dikabarkan siap tempur menghadapi AS Roma. Tidak ada pemain mereka yang ter­catat mengalami cedera, ken­dati Memphis Depay tidak bisa dimainkan karena terkena cup tied setelah ia pernah bermain di Liga Europa bersama Manchester United di fase grup.

Pelatih Bruno Genesio sendiri kemungkinan akan menurunk­an skema 4-3-1-2 di mana duet Nabil Fekir dan Alexandre Laca­zette akan dimainkan sebagai juru gedor mereka pada laga ini, sementara Mathieu Val­buena akan bertindak sebagai playmaker pada laga ini. Di lini pertahanan, Genesio akan kembali memainkan Mouctar Diakhaby bersama dengan Emanuel Mammana untuk ber­jaga di depan Anthony Lopes selaku palang pintu terakhir mereka.

Di kubu tim tamu, pela­tih Luciano Spalletti datang ke Perancis dengan kondisi yang nyaris optimal juga. Alessandro Florenzi meru­pakan satu-satunya pemain Giallorossi yang dikabarkan menderita cedera, sementara Antonio Rudiger juga tidak dibawa dalam laga ini karena mendapatkan kartu merah pada pertandingan melawan Villarreal yang lalu.

Mengingat Lyon merupakan salah satu kandidat juara, Spal­letti diperkirkaan akan menu­runkan skema 4-2-3-1 pada laga ini dengan Edin Dzeko sebagai ujung tombak mereka. Dzeko nantinya akan dibantu pergerakan tiga gelandang se­rang yaitu Diego Perotti, Radja Nainggolan dan Mohamed Salah. Absennya Rudiger mem­buat Spalletti kemungkinan besar memainkan Federico Fazio dan Kostas Manolas untuk mengawal Alisson Becker di bawah mistar gawang Serigala Ibukota tersebut.

(bol/feb/dit)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *