Wapres Minta Anggaran Dihemat

by -

METROPOLITAN – Wakil Presiden Indonesia yang juga menjadi Ketua Pengarah Asian Games 2018, Jusuf Kalla (JK), menyampaikan pesannya kepada Menteri Pemuda Olahraga (Menpora), Imam Nahwari, untuk da­pat menerapkan penghematan ang­garan dari pemerintah di Asian Games yang akan berlangsung pada tahun depan. Hal itu disampaikan langsung JK dalam konferensi pers setelah mela­kukan rapat persiapan Asian Games 2018 di Kemenpora, kemarin.

JK mengatakan, Asian Games 2018 kini akan menjadi tantangan tersen­diri bagi Indonesia setelah berhasil menyelenggarakan gelaran multi-event olahraga di Asia itu pada 1962. Untuk itu, menurutnya masyarakat perlu memahami bahwa sejauh ini Indone­sia sudah mengeluarkan anggaran Rp30 triliun hanya untuk Asian Games.

“Penyelenggaraan Asian Games per­lu penghematan dan harus lebih seder­hana serta tidak jorjoran berhura-hura, agar banyak negara yang sanggup menjadi penyelenggara, demikian un­tuk Olimpiade,” ungkap JK.

Meski penghematan akan dilakukan, JK mengatakan kemeriahan dari Asi­an Games 2018 tidak akan hilang. Sebab, anggaran bisa diperoleh dari berbagai sektor seperti sponsor dan pemasukan tiket.

“Efesiensi tetap tidak mengurangi ke­meriahan serta target menembus urutan 8-10 di Asia tetap tercapai, ada sponsor, promosi, karcis-karcis masuk yang dapat menopang,” tuntasnya.

(sin/suf/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *