News, Sport and Lifestyle

Awasi Pajak Hiburan Yang Beroperasi Di Kota Sukabumi

METROPOLITAN – Fraksi PAN DPRD Kota Sukabumi menyarankan pemerin­tah daerah lebih aktif melakukan upaya-upaya peningkatan kesadaran masyarakat di bidang perpajakan. Hal itu dilakukan dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Sukabumi di bidang pajak reklame dan hiburan. “Sehingga bisa mencip­takan iklim yang mendukung bagi peningkatan peran aktif masyarakat dalam memenuhi kewajibannya,” ujar Ketua Fraksi PAN Faisal Bagindo, be­lum lama ini.

Faisal mengatakan, Fraksi PAN juga memberi catatan kepada Pe­merintah Kota (Pemkot) Sukabumi terkait banyaknya permasalahan dalam pemungutan pajak daerah ini. Salah satunya adanya dugaan penyimpangan pelaporan pendapa­tan yang diterima pihak-pihak penyel­enggara hiburan dan reklame ke­pada organisasi pemerintah daerah (pemda) terkait. “Indikasi itu mungkin saja terjadi saat OPD terkait hanya menunggu pelaporan pajak dari penyelenggara hiburan, sementara pengawas yang melekatnya tidak ada,” tandasnya.

Ia menambahkan, dalam pajak hi­buran terkadang masih ada penyel­enggara hiburan yang tidak melaks­anakan pembayaran pajak dan penyel­engaraan tanpa izin. Karena itu pihaknya mengimbau prosedur perizinan agar penyelenggaraan hiburan di Kota Su­kabumi dilaksanakan dengan biro­krasi sederhana. “Tetapi tidak kehi­langan fungsi-fungsi pengawasan dari OPD terkait,” jelasnya.

Begitupun dalam pajak reklame, masih banyak spanduk tanpa izin atau izinnya telah habis. Lebih detailnya lagi, OPD terkait harus lebih jeli men­ghitung dimensi media reklame. “Jika media besar yang terkena pajak ada­lah lebih besar dari enam meter per­segi, maka perhitungan panjang kali lebar harus diperhatikan secara detil. Tak sedikit spanduk yang memiliki dimensi panjang enam meter dan lebar 1.2 meter,” paparnya.

Pada dasarnya, Fraksi PAN ingin mengamanatkan agar pemda lebih detail dan cermat dalam pelaksanaan­nya dikemudian hari demi mening­katnya PAD. “Intinya kami ingatkan kembali pemkot agar lebih cermat dalam mengamati potensi pajak dae­rah,” jelasnya.

 (bal/pjs/ram/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *