News, Sport and Lifestyle

Branding Dinding Toko Dan Rumah Bakal Dikenakan Pajak

METROPOLITAN – Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi dan kalangan dewan tengah membahas rencana pengenaan pajak terhadap branding dinding toko dan rumah. Sebab, selama ini pema­sangan iklan di dinding tersebut belum dikenakan pajak. “Kami bersama dewan tengah membahas dua rancangan pe­raturan daerah (raperda), salah satunya mengenai reklame,” ujar Walikota Su­kabumi Mohamad Muraz kepada war­tawan, Rabu (19/4).

Raperda itu yakni tentang perubahan atas Peraturan Daerah (Perda) Kota Su­kabumi Nomor 10/2011 tentang Pajak Reklame. Sementara satu raperda lainnya tentang perubahan Perda Kota Suka­bumi Nomor 11/2011 Tentang Pajak Hiburan. Menurut Muraz, rencana penge­naan pajak ini didasarkan pada potensi banyaknya pemasangan branding di dinding toko maupun rumah. Jika jadi diterapkan, maka Pendapatan Asli Daerah (PAD) akan bertambah dari sektor terse­but. Meskipun jumlah pendapatan yang diperoleh diperkirakan tidak terlalu besar.

Muraz menuturkan, pemilik rumah mau­pun toko biasanya mendapatkan penda­patan dari pemasang iklan branding. Di sisi lain, pemkot juga akan menghapus pajak hiburan khususnya yang menyang­kut golf. “Bermain golf itu bukan hiburan karena termasuk jenis olahraga yang dipertandingkan nasional bahkan inter­nasional,” cetus dia. Hal ini sejalan dengan putusan Menteri Dalam Negeri (Men­dagri) terkait pembatalan perda hiburan.

 (yud/reo/ram/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *