News, Sport and Lifestyle

Longsor Landa Sejumlah Titik Di Utara Sukabumi

METROPOLITAN – Bencana longsor menerjang sejumlah titik di wilayah Ut­ara Kabupaten Sukabumi. Peristiwa ter­sebut terjadi setelah Sukabumi diguyur hujan deras dalam beberapa hari terakhir. Hal ini dikatakan Koordinator Pusat Pengen­dalian Operasi (Pusdalops) Badan Penang­gulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabu­paten Sukabumi Yana Suryana. Menurut Yana, longsor menerjang sejumlah titik di Kecamatan Cicurug pada Selasa (18/4) sore. Lokasi pertama longsor yakni di Kampung Tenjoayu, RT 04/01, Desa Ten­joayu, Kecamatan Cicurug. Ia menjelaskan, longsor menyebabkan jalan lingkungan sekitar sepuluh meter terputus akibat bencana tersebut. Peristiwa itu terjadi setelah wilayah Cicurug diguyur hujan deras. Dampaknya, akses warga di kam­pung menjadi terganggu.

Total kerugian akibat bencana tersebut mencapai sekitar Rp20 juta. Selain merusak jalan, tutur dia, bencana itu juga mengan­cam empat kolam ikan dan satu lokasi pemancingan. Lokasi bencana lainnya ya­kni Kampung Sindangsari, RT 02/05, Desa Nanggerang, Kecamatan Cicurug. Bencana di daerah tersebut menyebabkan tebing di sekitar pemukiman warga tergerus long­sor dengan total kerugian sekitar Rp10 juta. Titik bencana berikutnya terjadi di Kampung Cisarua, RT 05/04/ Desa Cisarua, Kecamatan Sukaraja. ”Longsor awalnya terjadi pada Selasa kemudian terjadi lagi pada Rabu sore,” kata Yana.

Longsor juga mengancam jalan kabupa­ten di lintasan Cibeureum-Goalpara dan merusak warung jongko milik warga. Selain itu, dia mengatakan, gorong-gorong salu­ran air tertutup longsor.

Yana menyatakan, BPBD juga menerima laporan adanya satu unit rumah roboh akibat hujan deras di Kampung Sindangs­ari, RT 02/05, Desa Nanggerang, Kecama­tan Cicurug. Di mana bagian dapur rumah warga yang dihuni empat orang roboh dan ditaksir kerugian sebesar Rp10 juta.

(rig/reo/ram/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *