News, Sport and Lifestyle

Setahun, Dpkpp Tertibkan Data Reklame

CIBINONG – Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor, khususnya pada bidang reklame, tengah fokus pada empat kegiatan dalam satu tahun terakhir ini. Di antaranya mendata jumlah reklame, pengendalian, penataan serta pengawasan dan pengendalian terhadap berbagai macam reklame di Bumi Tegar Beriman.

Tiga bulan terakhir (triwulan I), bidang ini memang telah menyerap Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) sebesar 19,6 persen dan telah menerbitkan billboard yang masa izinnya berakhir pada 2017.

Kepala Bidang Reklame DPKPP Kabupaten Bogor Iwan Irawan menuturkan, kegiatan tersebut khususnya dilakukan bidang teknis, yakni pada pengawasan dan pengendalian (wasdal) yang bekerja sama dengan Satpol PP kabupaten maupun Satpol PP kecamatan di Kabupaten Bogor.

“Kami telah menertibkan 30 billboard dan 200 reklame lainnya yang masa izinnya habis. Penertiban ini telah berlangsung di Kecamatan Ciawi, Megamendung, Cibinong dan Dramaga,” ujar Iwan kepada Metropolitan, kemarin. Menurut Iwan, bidang reklame yang kini membawahi 30 petugas itu terus menata reklame liar (tak berizin, red) dan reklame permanen yang bahan konstruksinya sudah tak layak serta reklame nonpermanen (umbul–umbul dan spanduk).

“Kami juga bekerja sama dengan instansi selain Satpol PP (penertiban), yaitu Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) terkait pajak serta Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bogor untuk perizinannya,” paparnya.

Selain itu, tambah dia, pihaknya juga telah mengkaji berkas kelengkapan administrasi pemohon pemasangan reklame. Sebab, papan iklan tersebut memiliki tempat yang tidak seharusnya dipasang di tempat semestinya. “Terdapat aturannya. Tidak boleh dipasang di sembarang tempat,” katanya.

Tak hanya itu, pihaknya juga menyosialisasikan program reklame ke setiap instansi di Bumi Tegar Beriman untuk menghadapi persiapan Hari Pendidikan Nasional, Hari Jadi Bogor, berbagai even yang menggunakan reklame. “Semoga kegiatan lanjutan yang akan dilakukan ini dapat terselenggara dengan baik,” pungkasnya.

 (yos/b/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *