News, Sport and Lifestyle

Warga Jonggol Curhat soal Pengangguran ke Ketua Dewan

JONGGOL – Usai meninjau Jembatan Cipamingkis yang ambruk dan melihat kondisi jembatan bambu yang dibuat masyarakat untuk akses para pengen­dara sepeda motor dan pejalan kaki, Ketua DPRD Kabupaten Bogor Ade Ru­handi berteduh di salah satu rumah warga dari guyuran hujan.

Saat berteduh di rumah Enih (50) di Kampung Jagaita, RT 02/06, Desa Jong­gol, Kecamatan Jonggol, Jaro Ade, sa­paan akrab Ade Ruhandi, dikerumuni ibu-ibu dengan berbagai keluh kesahnya.

Salah satunya Juju Jubaedah (34). Ia menginginkan masyarakat setempat da­pat diperhatikan, terutama masalah ke­sejahteraan. “Masyarakat di sini mayori­tas bekerja sebagai petani. Jadi kalau sudah panen, kami menganggur dan tak ada pemasukan untuk memenuhi kebu­tuhan sehari-hari,” keluhnya.

Ia pun menginginkan ada pekerjaan lain yang dapat dilakukan ibu-ibu untuk membantu suaminya memenuhi kebu­tuhan keluarga. Misalnya dengan men­ghidupkan kerajinan tangan atau yang lainnya. “Apalagi dengan adanya musibah jembatan ambruk, kami jadi sulit kalau mau bepergian,” tuturnya.

Menanggapi hal ini, Jaro Ade mengung­kapkan, pelatihan-pelatihan Usaha Mik­ro, Kecil dan Menengah (UMKM) harus dilakukan pemerintah, baik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, kecamatan, bahkan pemerintah desa agar masyara­kat mempunyai usaha sampingan setelah selesai masa panen. “Pelatihan berupa kerajinan atau yang lainnya perlu dila­kukan untuk masyarakat dan pemasaran dari produknya pun harus dibantu pe­merintah,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Jaro Ade pun sangat mengapresiasi niat baik ibu-ibu tersebut yang ingin membantu suaminya memenuhi kebutuhan keluarga. Namun, jangan sampai ibu-ibu ini melupakan kewajiban­nya sebagai istri dan ibu. “Jangan sampai ibu-ibu ini lupa mengurus rumah tangga dan hanya fokus mencari nafkah,” pesan­nya.

Setelah menerima berbagai keluhan ibu-ibu sambil membagikan gorengan yang diborongnya dari salah satu ibu pedagang gorengan, Jaro Ade mendoakan agar kesejahteraan masyarakat Jonggol dapat meningkat. Ibu-ibu pun sontak mendoakan kembali Jaro Ade agar men­jadi bupati Bogor tahun depan dan selalu diberi kesehatan agar terus dapat menolong masyarakat.

(yok/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *