SHARE

CIBINONG – Sebanyak 39 pemerintah desa (Pemdes) mengikuti lomba desa yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bogor. Hasilnya, empat desa terpilih maju ke tingkat Provinsi mewakili Kabupaten Bogor.

Kepala Seksi (Kasi) Penataan Desa DPMD Kabupaten Bogor Helena Dwi Astuti menuturkan, penilaian administrasi lomdes ini diikuti 39 pemerintah desa (pemdes) se- Kabupaten Bogor, yang telah terverifikasi telah mengisi dua lampiran aturan dari Permendagri yang tertera.

Giat lomdes ini dilaksanakan setiap tahun. Dan, setelah terdata lalu kembali dipilih menjadi empat pemdes yang terbaik dari 36 pemdes yang ter-verifikasi,” ujar Helen kepada Metropolitan, kemarin.

Helen mengatakan, empat pemdes itu diantaranya, Pemdes Kampung Sawah Kecamatan Rumpin, Pemdes Situ Ilir Kecamatan Cibungbulang, Pemdes Pabuaran Kecamatan Gunungsindur, dan Pemdes Kiarasari Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor.

Keempat pemdes ini telah melalui berbagai tahapan, dan memenuhi syarat untuk ikut lomdes, dengan kualifikasi desa yang berkembang dan cepat berkembang, mempunyai RPMJ Desa dan data profil desa dua tahun sebelumnya,” paparnya lagi.

Dia menambahkan, nanti dari ke empat pemdes ini akan kembali disaring untuk mewakili Kabupaten Bogor ketingkat Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) untuk kembali dilombakan dengan desa lainnya diwilayah Jawa Barat.

Semoga, dengan terpilihnya empat pemdes ini dapat menjadi motivator manajemen untuk desa lainnya di Kabupaten Bogor, dapat merekatkan hubungan antar sesama pemdes, hingga ketingkat pusat. Dan, dapat membawa nama baik Kabupaten Bogor ditingkat Provinsi Jabar,” tukasnya.

(yos/b/feb)

Komentar Anda?

LEAVE A REPLY