News, Sport and Lifestyle

Berendam Disambung Melaksanakan Tradisi ‘Papajar’

Jelang puasa, objek wisata air panas Cipanas di Desa Wangunsari, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, diserbu pengunjung dari sejumlah wilayah. Aktivitas mereka di tempat tujuan, selain berendam juga melaksanakan tradisi ‘papajar’ atau makan bersama.

SALAH seorang pengunjung asal Be­kasi, Anwar Ibrohim, mengaku senang dan sangat menikmati suasana dan kehangatan air mancur dan tradisi ‘pa­pajar’. ”Kami datang bersama rom­bongan untuk menikmati keindahan dan kehangatan alami yang ada di ob­jek wisata air panas ini. Apalagi saya sangat aenang dengan air mancur dan tradisi ‘papajar’,” katanya saat ditemui Metropolitan, Kamis (18/5).

Meningkatnya jumlah pengunjung ke objek wisata air panas ini tentunya men­datangkan berkah bagi para pedagang di sekitar kawasan tersebut. Selain itu juga adanya pemasukan retribusi se­bagai peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi. Seperti yang disampaikan Diat (60), warga sekitar yang berjualan buah. Ia mengungkap­kan, dengan meningkatnya jumlah pen­gunjung, akhirnya dapat meningkatkan penghasilan. ”Kami harap pemerintah daerah lebih menggenjot lagi promosi wisata ini dan juga menambah fasilitas umum agar lebih banyak wisatawan yang datang berkunjung ke objek wi­sata air panas ini,” harapnya.

(sop/did/ hep/ram/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *