News, Sport and Lifestyle

Bupati Dorong Perluasan Budidaya Ikan Sidat di Palabuhanratu

METROPOLITAN – Pemerintah Kabu­paten (Pemkab) Sukabumi melalui Dinas Kelautan dan Perikanan akan membangun Balai Benih Ikan (BBI) sidat di Kampung Panyalahan, Desa Tonjong, Kecamatan Palabuhanratu, Sukabumi. Hal itu dilaku­kan sebagai upaya mendorong budidaya ikan sidat di Palabuhanratu.

Menurut Bupati Marwan Hamami, Pe­rairan Teluk Palabuhanratu merupakan salah satu penghasil impun ikan sidat skala besar di Indonesia. ”Tidak mau kehi­langan momentum, kami akan membangun BBI ikan di Palabuhanratu,” kata Marwan.

Menurut Marwan, dalam pembangunan tersebut untuk persiapan awal, pemkab telah membebaskan lahan sekitar 2,2 hek­tare. Sementara untuk keperluan budidaya ikan sidat tersebut, diperkirakan memer­lukan area sedikitnya mencapai sepuluh hektare. ”Ya minimal dalam waktu dekat ini pemkab bisa membebaskan sampai lima hektare lagi,” ujar Marwan.

Marwan menjelaskan, potensi impun sidat di Kabupaten Sukabumi sudah men­capai Rp1 miliar per tahun. Perairan sungai di Tonjong dan sekitarnya meru­pakan habitat yang disukai perbauran impun sidat. Tidak hanya ikan sidat yang akan dibudidayakan di BBI, ke depannya ikan koi juga memungkinkan bisa di­kembangkan di samping jenis ikan ung­gulan lainnya. ”Insya Allah di 2018 di­mungkinkan ada anggaran yang akan kita tambah untuk pembebasan lahan perluasannya,” janjinya.

Semantara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sukabumi Da­dang Budiman mengaku siap mendukung program yang digulirkan tersebut oleh Bupati Sukabumi.

(sop/did/hep/ram/ run)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *