News, Sport and Lifestyle

Garap Kampung Kreatif

METROPOLITAN – Menyambut Hari Jadi ke-535 Bogor (HJB), Pe­merintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Dinas Pariwisata dan Kebu­dayaan (Disparbud) Kota Bogor meng­gelar pameran kerajinan sejak Kamis (17/5) hingga Minggu (21/5). Bertempat di Lapangan GOR Pajajaran, acara bertajuk Bogor Fair 2017 ini diikuti para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dari berbagai daerah se-Indonesia.

Kepala Disparbud Kota Bogor Shah­lan Rasyidi mengatakan, kegiatan Bo­gor Fair 2017 ini salah satu program mempromosikan produk-produk UMKM

wisatawan dalam negeri mau Kota Bogor dan untuk menarik pun mancanegara. “Kami juga mengajak dari luar daerah Jawa Barat seperti Kalimantan Selatan, Bengkulu, Kalimantan Barat, Jepara, Riau dan Demak. Untuk daerah di Jawa Barat ada dari Kabupaten Sukabumi. Ha­rapan kami rekan-rekan yang ikut serta di luar daerah ini dapat mempromosikan produk-produk UMKM yang dihasilkan dari daerahnya masing-masing,” kata Shahlan. ­

Shahlan berharap ke depan kerja sama dengan daerah lain ini dapat dilanjutkan. Se­bab, setiap daerah harus me­miliki terobosan kerja sama dalam mempromosikan pro­duk-produk UMKM. “Kota Bogor Alhamdulillah pernah ikut serta pameran di daerah lain, seperti di Yogyakarta, Solo, Jambi, Bali dan Aceh. Harapan kami, produk UMKM di Kota Bogor dapat dikenal­kan hingga ke luar daerah,” ujarnya.

Dia menerangkan, tujuan utama Bogor Fair 2017 ini un­tuk meningkatkan perekono­mian, terutama bagi para pelaku UMKM di Kota Bogor. Selain itu juga dapat mening­katkan pendapatan masyarakat pada umumnya. “Kota Bogor memang belum segencar Bali dan Lombok. Tetapi Kota Bogor di sektor pariwisata pa­ling tidak penyumbang Penda­patan Asli Daerah (PAD) nomor dua setelah sektor pajak,” sebut Shahlan.

Dalam meningkatkan sektor pariwisata, lanjut Shahlan, saat ini pihaknya sedang mengga­rap Kampung Kreatif di Katu­lampa yang akan dikembang­kan sebagai destinasi wisata baru di Kota Bogor. “Kami sudah meminta dukungan ke­pada wali kota sebagai pimpi­nan daerah dan DPRD, sebab akan ada inovasi destinasi wi­sata melalui Kampung Kreatif,” pungkasnya.

(*/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *