SHARE

METROPOLITAN – NU Care LAZISNU menggelar pelatihan budidaya jahe merah di Pesantren Global Insan Man­diri (GIM) Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat. Pelatihan berupa teori dan prak­tik berlangsung Selasa (16/5). Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyemaian seribu benih jahe merah yang nantinya akan ditanam dengan media polybag. Penanaman dengan media ini bertujuan agar lebih efisien pada penggunaan lahan dan pupuk.

Direktur Penyaluran NU Care Slamet Tuhari mengungkapkan, melalui pelatihan ini, NU Care ingin mencetak seribu san­tri entrepreneur yang mandiri secara ekonomi dan kuat secara ideologi. “NU Care juga berharap para santri GIM yang mengikuti pelatihan ini benar-benar se­rius mengembangkan budidaya jahe merah yang memiliki nilai ekonomi sangat tinggi,” kata Slamet.

Pemateri Aprizal Budi dari PT Bintang Toedjoe menyebutkan, pelatihan ini akan diteruskan dengan pendamping­an saat proses penanaman benih di polybag. Pendampingan juga dilakukan selama masa perawatan hingga masa panen dan pascapanen (proses peng­eringan, red). “Kami juga akan mem­beli hasil panen jahe merah yang di­kelola santri GIM,” tambah Aprizal.

Pengasuh Pondok Pesantren GIM KH Ahmad Danial Fahad mengungkapkan, berbagai program di Pesantren GIM ber­konsentrasi dalam pengembangan agro­bisnis.

(ken/zun/ram/run)

Komentar Anda?

LEAVE A REPLY