News, Sport and Lifestyle

Pemkab Dituntut Selenggarakan Pemerintah yang Baik dan Bersih

METROPOLITAN – Sebesar Rp229 juta lebih dana perolehan hasil Bulan Dana PMI 2016 dari Asisten Sekda Bidang Pe­merintah dan Sosial diserahkan Bupati Sukabumi kepada Ketua PMI Kabupaten Sukabumi. Penyerahan tersebut dilakukan bupati saat memimpin rapat dinas bula­nan di aula Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Sukabumi, Jalan Siliwangi, Palabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (18/5).

Dalam penyerahan tersebut, bupati menyatakan bahwa saat ini pemerintah daerah (pemda) semakin dituntut me­nyelenggarakan pemerintahan yang baik dan bersih (good governance dan clean government). Hal tersebut seiring adanya Instruksi Presiden (Inpres) No­mor 7 Tahun 1999 tentang Akuntabili­tas Kinerja Instansi Pemerintah. ”Inpres ini telah mendorong pengembangan dan penerapan sistem pertanggungja­waban yang jelas, teratur dan efektif yang dikenal dengan Sistem Akuntabi­litas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Yang dalam penerapannya bertujuan agar penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan berdayaguna, ber­hasil guna dan bertanggung jawab dan bebas dari praktik Kolusi, Korupsi dan Nepotisme (KKN),” kata Bupati Suka­bumi Marwan Hamami.

Menurut Marwan, perbaikan gover­nance dan sistem manajemen merupakan agenda penting dalam reformasi pemerin­tahan yang sedang dijalankan hari ini. Berarti instansi pemda secara mandiri merencanakan, melaksanakan, mengukur dan memantau kinerja serta melaporkan­nya kepada instansi yang lebih tinggi tentang pelaksanaan sistem untuk me­ningkatkan akuntabilitas dan kinerja in­stansi perangkat daerah. ”Semua Pegawai Negeri Sipil (PNS) di perangkat daerah untuk menjalankan komitmen terhadap pakta integritas yang telah ditandatan­gani. Sebab, pakta integritas tersebut merupakan komitmen bagi semua pega­wai,” ujar Marwan.

(sop/hep/ram/run)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *