News, Sport and Lifestyle

Pemkot Bogor Targetkan 5,5 juta Wisatawan

METOPOLITAN – Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disbudparekraf) Kota Bogor, Jawa Barat, mencoba mengembangkan potensi wisatawan di sejumlah wilayah seperti di Bogor Barat, Bogor Utara, dan Tanah Sareal, untuk meningkatkan jumlah wisatawan.

Kepala Disbudparekraf Kota Bogor Shahlan Rasyidi menyebutkan, tiga dari enam kecamatan di Kota Bogor sudah memiliki potensi wisata yang ramai dikunjungi, seperti di wilayah timur ada kawasan pecinan Suryakencana, Kebun Raya di Bogor Tengah, dan Sentra Kuliner di Bogor Selatan. “Tahun 2017 akan dikembangkan objek wisata baru di wilayah barat, ada Dramaga Park dan penataan Situ Gede, agar menjadi objek wisata yang lebih baik,” kata dia seperti yang dilansir antara.

Shahlan optimistis Pemkot Bogor mampu meraih target 5,5 juta wisatawan pada 2017. “Tahun 2017 ini kami menargetkan jumlah wisatawan meningkat 10 persen, dari 4,7 juta di 2016 menjadi 5,5 juta wisatawan,” terangnya.

Menurut Shahlan, Kota Bogor kini mulai dipadati wisatawan, terutama setiap Sabtu dan Minggu. Pembangunan sejumlah taman dan fasilitas pedestrian seputar Kebun Raya Bogor turut menambah minat kunjungan ke Kota Hujan. “Seperti Sempur sejak ditata ramai dikunjungi, sampai warga sekitar mengeluh karena tidak leluasa keluar masuk lagi,” kata dia.

Shahlan menyebutkan, sektor pariwisata penyumbang Pendapatan Asli Daerah ( (PAD) terbesar di Kota Bogor. Tahun 2015 PAD dari sektor wisata mencapai Rp 118 miliar, 2016 meningkat menjadi Rp 204 miliar.

Shahlan menjelaskan hotel menyumbang Rp 65 miliar pada 2015 naik menjadi Rp 75 miliar pada tahun berikutnya. Demikian pula dengan restoran menyumbang Rp75 miliar, naik menjadi Rp 95 miliar, dan tempat hiburan dari Rp 22 miliar menjadi Rp 29 miliar. “Wisatwan asing juga ikut berkontribusi menambah jumlah kunjangan wisata dari 220 ribu di 2015 naik menjadi 255 ribu di 2016,” kata dia.

(an/mam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *