Sekolah Negeri Wajib Menerima ABK

by -

METROPOLITAN – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor, tidak akan segan-segan menindak tegas apabila ada sekolah, khususnya SDN mau­pun SMP negeri, me­nolak pendaftaran calon peserta didik baru dari Anak Ber­kebutuhan Khusus (ABK).

Hal tersebut diung­kapkan langsung Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor Fahrudin. Menurutnya, semua orang mem­punyai hak yang sama untuk menda­patkan pendidikan tidak melihat dari sisi lain siswa tersebut. “Bila ada Disdik akan memanggil ke­pala sekolah yang bersangkutan. Sehingga, nantinya kita akan tau apa alasan penolakannya. Kalau menyalahi aturan, baru ada sanksi teguran hingga sanksi admi­nistrasi. Jadi, tidak ada istilah menolak, se­kolah wajib meneri­manya,” ujarnya ke­pada Metropolitan.

Sementara itu, Ketua Panitia PPDB 2017 Kota Bogor Jajang Koswara menjelaskan, program sekolah in­klusi telah dilaksana­kan di Kota Bogor. Bahkan, pada tahun lalu dan sekarang ini, Disdik telah mengimbau semua sekolah negeri di Kota Bogor agar mene­rima peserta didik ABK. ”Jadi, calon peserta didik dari ABK berhak mendaf­tar ke sekolah-sekolah negeri yang ada di Kota Hujan ini. Pihak sekolah pun tidak boleh menolaknya,” tan­das Jajang.

(tur/ar/mam/dit)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *