METROPOLITAN – Total panjang jalan tol fungsional untuk mudik Lebaran tahun ini mencapai 402 km. Jumlah ini meningkat signifikan dibanding tahun lalu. Menurut data Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), total ada 95 km jalan tol baru di Pulau Jawa baik yang telah beroperasi maupun yang berstatus fungsional yang telah digunakan saat mudik Lebaran 2016.

Sementara untuk tahun ini, ada tambahan 402 km jalan tol fungsional yang bisa digunakan untuk mudik dan arus balik Lebaran 2017. Total 337 km di antaranya merupakan ruas di tol Trans Jawa dan 65 km lagi ada di Trans Sumatera.

“Yang jelas ada 110 km dari Brebes-Weleri dan 227 sampai ke Surabaya yang fungsional. Jadi jalan tol baru semuanya di Jawa ada 337 km, yang sumatera 65 km,” kata Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono saat ditemui di kantornya, Jakarta.

Berdasarkan data Kementerian PUPR, ruas baru yang bakal difungsionalkan mudik Lebaran tahun ini dimulai dari pintu Tol Brebes Timur (Brexit) yang termasuk dalam seksi 1 ruas Pejagan-Pemalang, hingga Weleri yang berada di seksi 3 ruas Batang-Semarang.

Total panjang ruas fungsional dari Brebes Timur hingga Weleri mencapai 110 km dan diharapkan bisa difungsikan pada H-10 Lebaran agar dapat mengakomodasi arus Ialu lintas mudik 2017.

Sedangkan bagi pemudik yang ingin terus melanjutkan perjalan hingga Surabaya, bisa melewati tol mulai dari Semarang hingga ruas tol Mojokerto-Surabaya. Total panjangnya mencapai 227 km.

“Brebes Weleri dibuka 24 jam oleh pak polisi. Kita akan lihat persis rambu-rambu keselamatan untuk siang dan malam. Sedangkan Solo-Surabaya hanya siang saja. Karena diprediksi tidak sepadat di Pantura,” tutur Basuki.

Sementara itu, 65 km tol Trans Sumatera untuk pertama kalinya bakal dilewati oleh pengguna jalan, khususnya pemudik tahun ini. Sepanjang 65 km Jalan Tol Trans Sumatera bisa dilalui oleh pemudik secara fungsional alias belum dikenakan biaya.

Tol-tol tersebut di antaranya adalah sebagian ruas tol Palembang-Indralaya, Bakauheni-Terbanggi Besar, Medan-Binjai dan Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi.

Seluruh jalan tol fungsional ini dapat dilewati dengan kecepatan 40-60 km/jam. Kondisi jalan berupa perkerasan lean concrete, disertai pengamanan penuh, dukungan pencahayaan yang cukup, rambu-rambu dan perbaikan akses keluar menuju jalan arteri kabupaten.

SUMBER : DETIK.COM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here