CISARUA – Tak hanya menjadi kiyai kondang, jebolan Pesantren Darul Huda atau lebih dikenal sebagai Pesantren Cilember ini juga mencetak banyak pengusaha, bahkan pejabat. Pesantren yang berlokasiĀ Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor ini sudah tak asing lagi di kalangan masyarakat.

Pesantren yang didirikan oleh Abuya KH.Hasan Mustofa ini sudah mencetak santri-santri berkualitas dari berbagai pelosok.

Penerus Abuya Cilember, KH.Rohmatullah (62) mengaku bahwa pesantren Cilember tersebut sudah bisa mencetak berbagai profesi. “Alumni-alumni banyak yang menjadi kyai, menjadi ajengan, menjadi ustad, kemudian ada juga yang jadi lurah, ada yang jadi pengusaha, ada yang buka toko, bermacem-macem lah,” ujar KH.Rohmatullah.

Santri pesantren Darul Huda juga berasal dari berbagai wilayah di Jawa Barat bahkan ada pula santri yang datang dari Riau dan Lampung untuk belajar agama. Anak bungsu Abuya Cilember ini juga menjelaskan bahwa pelajaran di dalam pesantrennya lebih mengutamakan keagamaan.

Seperti akidah, ilmu tauhid, ilmu fiqih, ilmu tasawuf, ilmu pembacaan alquran, hadist, ilmu nahwu, shorof, bilagha, ilmu falaq seperti untuk mengetahui hisab dan sebagainya itu dipelajari di pesantren tersebut.

(tib/suf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here