Lagi-Lagi Eksperimen Pelajar Indonesia Ini Dibawa Ke Antariksa

by -

METROPOLITAN  РAnak bangsa kembali menorehkan prestasi tingkat dunia. Tahun ini untuk kedua kalinya mahasiswa dari Institut Teknologi Del dan SMA Unggul Del Sumatera Utara mengirimkan eksperimen ilmiah ke Stasiun Antariksa Internasional atau ISS. Perangkat penelitian dikirimkan dengan menumpang pada muatan roket SpaceX, Falcon 9.

Pada 2016 lalu mereka melakukan penelitian tentang pertumbuhan ragi di luar angkasa dalam kondisi near-zero graviy. Tahun ini eksperimen yang dikirimkan berjudul The Fermentation of Soybeans in Microgravity Experiment atau Fermentasi Kedelai dalam Kondisi Mikrogravitasi.

Perangkat penelitian tersebut disusun oleh dua mahasiswa dari Institut Teknologi Del yakni Theodora Mega Putri Lumban Gaol dan Putry Yosefa Siboro serta delapan pelajar SMA Unggul Del.

Kedelapan pelajar SMA Unggul Del itu adalah: Afner Sirait, Arico Liberty Setiawan Sembiring, Oliver Danofan Nainggolan, Rejoel Mangasa Siagian, Matthew Addrian Silalahi, Ronaldo Simatupang, Ruth Johana Hutagalung, dan Stanley Martin Siagian.

Mereka dibimbingan dua guru sebagai mentor yaitu Eka Trisno Samosir dan Ari Raharja. “Jadi eksperimen tahun ini adalah yang kedua. Ini kelanjutan dari yang pertama tahun 2016 lalu,” kata Eka saat berbincang dengan detikcom.

“Tahun sebelumnya kami meneliti tentang menumbuhkan ragi di luar angkasa. Tahun ini tentang menumbuhkan tempe,” tambah Eka.

Menurut dia tujuan utama dari eksperimen ilmiah ini adalah untuk meneliti pengaruh mikrogravitasi terhadap proses fermentasi kedelai dengan bantuan ragi (yeast).

Eksperimen tersebut dikirimkan ke Amerika pada Januari lalu dan baru dikirimkan ke Stasiun Antariksa Internasional atau ISS pada Minggu, 4 Juni 2017 kemarin.

SUMBER : DETIK.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *