Lewat Puncak, Polisi Sarankan Pemudik Berangkat Pagi

by -

METROPOLITAN – Bukan rahasia umum jika pada libur Lebaran jalur Puncak akan mengalami kepa­datan kendaraan. Banyaknya masyarakat yang ing­in menghabiskan liburan di Puncak dan mudik melalui jalur tersebut, diduga jadi penyebab ting­ginya volume kendaraan. Ini pula yang terus dianti­sipasi aparat kepolisian.

Kasat Lantas Polres Bogor AKP Hasby Ristama mengatakan, kepadatan arus lalu lintas di kawasan Puncak sudah terjadi sejak H+1 hingga H+4. Sehingga, masyarakat yang akan menggunakan jalur Puncak disarankan berangkat lebih awal dari biasanya. “Sebaiknya disegerakan saja pemberang­katannya dan kalau memang mau ke tempat wisata, langsung ke lokasi tujuan. Sebab, jam sebelas one way ke arah atas sudah selesai,” kata Hasby.­

Tak hanya itu, para pengguna kendaraan yang melintasi jalur Puncak sebaiknya tak berhenti di sembarang tempat. Jika hal tersebut dilakukan, tentunya akan membuat kemacetan. “Ketika banyak mampir, tentu akan memperlambat arus karena keluar masuk badan jalannya itu. Makanya masyarakat jangan berhenti sembarangan,” ucapnya.

Menurut Hasby, beberapa objek wisata di kawasan Puncak harus diwaspadai. Seperti Taman Wisata Matahari Waterpark, Taman Safari Indonesia serta hotel-hotel besar termasuk vila. “Kita juga mengantisipasi tempat-tempat ecowisata se­perti kebun teh, Gunung Mas, Rindu Alam, Telaga Warna dan paragliding yang tentunya ha­rus melewati jalur Puncak dulu,” imbuhnya.

Ia menambahkan, untuk men­gurai kemacetan yang berke­panjangan di kawasan Puncak, pihaknya dibantu Sabhara Polres Bogor dan jajaran polsek dengan menerjunkan 250 per­sonel di beberapa titik rawan kemacetan. “Kita sebar dengan menerjunkan kekuatan perso­nel pagar betis di sepanjang jalur wisata Puncak,” tutupnya.

(rez/b/els/run)

Loading...