Pengelolaan Wisata Di Kabupaten Sukabumi Dievaluasi

by -

METROPOLITAN – Pemerintah Kabu­paten (Pemkab) Sukabumi sepertinya kembali melakukan evaluasi terhadap pengelolaan wisata di wilayah Geopark Ciletuh-Palabuhanratu, setelah sebe­lumnya mendapat kritikan dari berbagai kalangan pemerhati pariwisata.

Asisten Daerah Bidang Ekonomi dan Pembangunan Dodi Somantri menyam­paikan, kritikan dan saran dari berbagai pihak terkait pelayanan kepada wisata­wan ini harus ditanggapi positif dan dijadikan motivasi untuk melakukan perbaikan.

”Masukan dan saran yang disampaikan masyarakat tentu menjadi perhatian serius Pemkab Sukabumi. Buktinya, saat ini kami langsung melakukan rapat eva­luasi wisata dengan mengundang Kom­pepar, PHRI, HPI, Balawista, FKSD, kodim, polres, Kasat Pol-PP dan para camat,” kata Dodi Somantri usai rapat evaluasi di ruang Sekretariat Daerah (Sekda), Jalan Siliwangi, Plabuhanratu, Rabu (5/7).

Menurut Dodi, kritikan dan saran ter­kait pelayanan kepada wisatawan tentu harus kita tanggapi positif dan juga ha­rus kita jadikan motivasi untuk melaku­kan perbaikan dalam peningkatan pe­layanan.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi Dana Budiman kepada Metropolitan menyampaikan ucapan terima kasih atas saran dan kri­tikan serta kerja sama yang telah dibangun hingga kini, terutama kepada relawan-relawan yang turut serta menjaga dan melayani wisatawan walaupun memang belum bisa menciptakan zero accident.

”Kepada semua pihak, saya sampaikan permohonan maaf atas segala keku­rangan dalam hal pelayanan di bidang kepariwisataan. Kita juga akan mencoba mengevaluasi serta merevisi beberapa peraturan seperti Perda No 14 Tahun 2013 dan Surat Keputusan Bupati tentang Satgas Penyelamat Tirta,” jelas Dana.

Kemudian untuk ke depannya, dinas pariwisata berencana mengusulkan ke­pada bupati agar memberi penghar­gaan kepada semua elemen masyarakat yang terlibat langsung terhadap penyelamatan wisatawan di laut atau pantai. Selain itu juga akan meyerahkan asuransi kepada ahli waris terhadap kor­ban laka laut. ”Insya Allah penyerahan asuransi laka laut secara seremoni akan disampaikan pada upacara HUT ke-71 Bhayangkara tahun 2017 yang akan dilaksanakan Senin (10/7) di Alun-alun Palabuhanratu,” jelasnya.

(hep/ram/ run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *