SHARE

KOMUNITAS BOGOR Clean Action yang pernah mendapatkan penghargaan saat tiga tahun kepe­mimpinan Bima Arya ini sering beroperasi saat Car Ini sudah rutin kita lakukan tiap pekan di kawasan Car Free Day atau di Taman EksFree Day (CFD) ”Sebenarnya presi, Sempur, jadi tidak hanya di acara helaran ini saja,” ujar koordinator Komunitas Bogor Clean Action Agil Mulqi ke­pada Metropolitan.­

Selain di CFD, komunitas Bo­gor Clean Action terkadang masuk kampung-kampung untuk mengajak masyarakat agar sadar lingkungan. Se­hingga kampung-kampung yang telah didatanginya bisa menjadi lebih bersih karena masyarakatnya tidak membu­ang sampah sembarangan.

Agil pun menjelaskan, kesa­daran masyarakat untuk mem­buang sampah pada tempatnya relatif kurang. Untuk itulah, dengan aksi ini sedikit banyak bisa mengedukasi masyarakat untuk selalu menjaga kebersi­han dengan tidak membuang sampah sembarang. ”Soal sampah memang menjadi pe­kerjaan rumah (PR) bersama, tidak bisa kita menyalahkan pemerintah ataupun masyara­kat itu sendiri. Jadi tentang kebersihan ini harus dibangun dan menjadi tanggung jawab bersama,” terangnya.

Sementara itu sampah – sam­pah yang terkumpul nantinya akan diserahkan ke Dinas Ling­kungan Hidup (DLH) Kota Bogor. ”Total tadi ada 25 kantong plas­tik, nantinya sampah – sampah tersebut akan diserahkan ke DLH Kota Bogor. Sampah yang ter­kumpul biasanya kita pilah, yah semacam bank sampah. Jika hasilnya banyak diolah menjadi produk kreatif. Ada satu sekolah aktif rutin hasilnya bisa untuk membantu membayar SPP juga membeli perlengkapan sekolah,” pungkasnya.

(mam/b/els)

 

Komentar Anda?

LEAVE A REPLY