Uptd Dukcapil Jampang Tengah Diserbu Warga

by -

METROPOLITAN – Hari kedua masuk kerja setelah libur panjang Lebaran, Kantor Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kepen­dudukan Catatan Sipil (Dukcapil) langsung diserbu pemohon administrasi kependu­dukan. Kepala UPTD Dukcapil Jampang Tengah Iwan Suherlan mengatakan, keba­nyakan warga yang datang itu hendak membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).

“Kebanyakan pemohon pemula yang ingin membuat KTP. Kami tidak menam­pik banyak warga yang tak terlayani. Bu­kan karena dipersulit, tetapi memang syarat administrasi kependudukan pemo­hon tidak lengkap sehingga mereka harus bolak-balik. Kalau syaratnya lengkap, su­dah merupakan kewajiban kami melaya­ni dengan baik dan cepat,” ujarnya, ke­marin.

Ia menjelaskan, UPTD Dukcapil melayani perekaman sampai dengan proses penda­taan administrasi hingga masyarakat menda­patkan data kependudukan KTP maupun KK. “Di sini kami hanya memiliki tiga ope­rator dan satu komputer dan melayani warga dari Kecamatan Purabaya, Lengkong, Nyalindung, Jampang Tengah dan terkadang dari Kecamatan Pabuaran,” katanya.

Sementara Ketua Fraksi Rakyat Jampang Tengah Endang mengatakan, antusias warga mengurus administrasi kependudu­kan patut diacungi jempol. “Namun sayang, masyarakat harus bolak-balik karena kesa­lahan ada di pihak desa dan kecamatan. Ini bisa saja karena kekurangtahuan masyara­kat tentang kelengkapan yang harus disi­apkan,” ujar Endang.

Endang menilai, seharusnya ada kerja sama yang baik antara UPTD Dukcapil dengan pihak kecamatan. “Perekaman di kecamatan, proses final di UPTD. Jangan sampai pere­kaman pun masih di UPTD,” tutupnya. (roj/ suk/ram/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *